Profil Timnas Swiss : Skuad Lengkap, Manajer, Taktik, Jadwal, & Prediksi di Euro 2020

Gilabola.com – Timnas Swiss menuju Kejuaraan Eropa musim panas ini dengan harapan untuk memperbaiki rekor mereka menyedihkan dalam kompetisi sejauh ini, karena mereka hanya sekali saja bisa lolos dari fase grup.

Sejak pertama kali ikut bersaing di Euro pada tahun 1996, Swiss hanya absen sekali dalam enam turnamen berikutnya termasuk Euro 2020 ini. Sayang mereka hanya sekali bisa lolos dari fase grup yakni pada Euro 2016 di Prancis ketika mereka melaju ke babak 16 besar dan kemudian dikalahkan Polandia via adu penalti.

Tetapi Swiss adalah kekuatan yang berkembang di sepak bola internasional, sebagaimana dibuktikan dengan penampilan mereka yang sekarang konsisten di turnamen internasional besar dan bahkan melaju ke babak semifinal UEFA Nations League edisi perdana pada 2019 sebelum dikalahkan oleh hattrick Cristiano Ronaldo.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Skuad Lengkap

  • Kiper : Yann Sommer (Mönchengladbach), Yvon Mvogo (PSV), Jonas Omlin (Montpellier)
  • Bek : Manuel Akanji (Dortmund), Loris Benito (Bordeaux), Eray Cömert (Basel), Nico Elvedi (Mönchengladbach), Jordan Lotomba (Nice), Kevin Mbabu (Wolfsburg), Becir Omeragic (Zürich), Ricardo Rodríguez (Torino), Fabian Schär (Newcastle United), Silvan Widmer (Basel)
  • Gelandang : Christian Fassnacht (Young Boys), Edimilson Fernandes (Mainz), Remo Freuler (Atalanta), Admir Mehmedi (Wolfsburg), Xherdan Shaqiri (Liverpool), Djibril Sow (Frankfurt), Ruben Vargas (Augsburg), Granit Xhaka (Arsenal), Denis Zakaria (Mönchengladbach), Steven Zuber (Frankfurt)
  • Penyerang : Breel Embolo (Mönchengladbach), Mario Gavranovic (Dinamo Zagreb), Haris Seferović (Benfica)

Pemain Kunci : meski sulit mendapatkan menit bermain di Liverpool, Xherdan Shaqiri masih menjadi salah satu pemain paling penting Swiss. Haris Seferovic mencetak 22 gol dari 31 penampilan di Liga NOS dan diharapkan bisa menjadi andalan gol di Kejuaraan Eropa ini. Manuel Akanji dengan 91,75 akurasi umpan merupakan pemilik akurasi tertinggi dari pemain manapun dengan 1.000+ umpan dan pemain kelima Bundesliga yang menyelesaikan umpan terbanyak.

Channel Gilabola di Youtube

Manajer : Vladimir Petkovic

Seorang ahli taktik yang sangat berpengalaman setelah memulai karir manajerialnya pada tahun 1997, dengan dia sempat melatih di Lazio dan Young Boys. Vladimir Petkovic mulai mengambil pekerjaan di timnas Swiss sejak Juli 2014.

Selama waktu itu, manajer berusia 57 tahun itu berhasil memimpin Swiss untuk tampil di babak 16 besar berturut-turut di Euro 2016 dan Piala Dunia 2018, sementara juga membawa mereka ke semifinal UEFA Nations League sebelum dikalahkan Portugal.

Taktik

Vladimir Petkovic sangat menyukai varian formasi 3-4-2-1 dan 5-4-1 baru-baru ini, transisi antara kedua sistem tergantung pada apakah Swiss perlu menyerang untuk mencari gol atau mengandalkan permainan defensif dan pertahanan rapat untuk memukul balik lewat serangan cepat.

Manuel Akanji dan Nico Elvedi cukup bagus dalam penguasaan bola dari lini tengah, sementara duet Granit Xhaka dan Remo Freuler dapat memberikan tambahan jaminan kekuatan defensif yang memungkinkan bek sayap Ricardo Rodriguez dan Kevin Mbabu memiliki kebebasan maju menyerang. Haris Seferović sebagai target man punya kemampuan menahan bola dan memberikan ruang bagi pemain sayap seperti Xherdan Shaqiri dan Breel Embolo.

Perkiraan formasi Swiss (3-4-3) : Yann Sommer; Manuel Akanji, Fabian Schär, Nico Elvedi; Ricardo Rodríguez, Remo Freuler, Granit Xhaka, Kevin Mbabu; Xherdan Shaqiri, Haris Seferović, Breel Embolo.

Jadwal

Di Euro 2020 kali ini, Swiss tergabung di grup A bersama Italia, Turki, dan Wales dan berikut jadwal lengkap mereka :

  • Wales vs Swiss, Sabtu (12/6) pukul 20.00 WIB di Stadion Olimpiade Baku
  • Italia vs Swiss, Kamis (17/6) pukul 02.00 WIB di Stadio Olimpico Roma
  • Swiss vs Turki, Minggu (20/6) pukul 23.00 WIB di Stadion Olimpiade Baku

Prediksi

Swiss kemungkinan akan menjadi salah satu tim yang memperebutkan tempat kedua Grup A dengan mereka akan mengandalkan pemain bintang mereka seperti Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri untuk memimpin tim. Melihat peluang di Grup A Euro 2020, mereka memiliki peluang yang layak untuk lolos ke babak 16 besar, tetapi diragukan jika mereka bisa melangkah terlalu jauh.

AHABET
AHABET