PSG Bebas Sanksi, Namun Lille Dihukum

Neymar, pemain termahal di dunia.
Neymar, pemain termahal di dunia.

Asosiasi Sepakbola Prancis mengkonfirmasi bahwa Paris Saint-Germain tidak akan dikenai sanksi, sementara Lille dipastikan tidak bisa aktif di bursa transfer.

Les Parisiens menghabiskan dana Rp 3,7 Trilyun kala mengaktifkan klausul buyout Neymar dari FC Barcelona pada Agustus 2017 lalu

Tidak berapa lama kemudian Kylian Mbappe datang ke Parc des Princes dengan status pemain pinjaman namun disertai syarat akan dibeli pada musim panas tahun 2018 mendatang.

Kecurigaan pun muncul sebab pendapatan PSG tidak lebih besar dari Real Madrid, Manchester United dan FC Barcelona.

Malahan Javier Tebas sebagai presiden La Liga yakin klub asal Paris itu didukung dana oleh pemerintah Qatar dalam mendatangkan Neymar.

Advertisement

Ia bahkan meminta UEFA untuk melakukan investigasi untuk mencari kesalahan PSG demi melindungi klub-klub Liga Spanyol di kemudian hari.

Akan tetapi LFP sebagai otoritas Liga Perancis yakin PSG, AS Monaco dan Metz lolos dari sanksi larangan transfer setelah dilakukan investigasi oleh Direktorat Kontrol Manajemen Nasional (DNCG), namun nasib berbeda dialami Lille.

Sayangnya LFP tidak memberi tahu alasan terperinci kenapa Lille dikenai sanksi, meski klub tersebut duduk di zona degradasi pada musim ini.

Bukan hanya itu, Marcelo Bielsa pun diberhentikan beberapa waktu lalu karena dianggap tidak bisa menghantarkan kesuksesan.

Sialnya pemecatan Bielsa malah menghadirkan masalah baru perihal uang kompensasi sehingga terjadi perselisihan di antara kedua belah pihak.

Karena sanksi tersebut Lille tidak akan bisa mendatangkan amunisi anyar demi berjuang untuk selamat dari jerat degradasi di musim ini.

Padahal sudah ada nama Thiago Mendes dan Kevin Malcuit yang menjadi incaran pada jendela transfer musim dingin nanti.