PSM Makassar Harusnya Menang 10-3 Atas Lao Toyota di Piala AFC, Sayang 7-3

PSM Makassar Harusnya Menang 10-3 Atas Lao Toyota di Piala AFC, Sayang 7-3

PSM Makassar tampil luar biasa, sekali pun bermain di Stadion Pakansari Bogor, Rabu (13/3). Mereka seharusnya bisa menang dengan skor 10-3 atas Lao Toyota pada matchday kedua Piala AFC. Sayang, hanya 7-3.

Tujuh gol PSM Makassar dicetak masing-masing dua oleh Wiljam Pluim dan Eero Markkanen, dan sisanya masing-masing satu oleh Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga dan Marc Klok. Dua gol balasan Lao Toyota datang dari Kazuo Honma dan Rafinha.

Skor pada saat turun minum adalah 2-1. Tak terlihat akan usai dengan skor 7-2, kan? Sebenarnya di akhir babak pertama ada peluang sangat bagus bagi Juku Eja untuk menambah skor. Wasit pertandingan menghadiahkan penalti tapi gagal dilesakkan menjadi gol oleh Marc Klok. Selain itu ada dua peluang emas lain yang juga terbuang percuma. Eero Markkanen dua kali menghantam tiang gawang tim tamu selama babak pertama. Jadi seharusnya anak-anak Makassar ini bisa menang besar 9-2, kalau mau.

Advertisement
advertisement
advertisement

Gol pertama terjadi menit 12 melalui Wiljam Pluim. Dalam satu adegan perebutan bola di dalam kotak penalti, Bayu Gatra berhasil mencuri bola dan dengan cepat menyerahkannya ke Pluim, yang melepaskan tembakan ke arah tiang jauh secara akurat dan GOL!

Tapi hanya dalam selang beberapa belas detik saja Lao Toyota membalas. Sebuah umpan panjang datang dari belakang ke arah Homma, yang mengecoh dua pemain belakang Juku Eja dan mengirim tembakan ke sudut terjauh gawang Rivky Mokodompit. Skor sama kuat 1-1! Coba lihat cuplikannya di bawah ini. Salah siapa bisa terjadi gol itu?

Tak pakai lama, Zulham Zamrun bermain satu-dua dengan Markannen untuk mengubahnya menjadi gol kedua tim. Dan pada menit terakhir babak pertama, Bayu Gatra dijatuhkan dan Marc Klok gagal mengubahnya menjadi penalti.

Situasi sama sekali berbeda pada babak kedua. Menit 59 segera terjadi gol ketiga melalui Pluim, yang menerima umpan silang lambung dari Zulham, mengolahnya sejenak sebelum mengirim tembakan voli ke gawang lawan.  Tapi laga belum selesai. menit 61 Markkanen yang sudah tiga kali melewatkan peluang emas mencetak gol, akhirnya berhasil juga mencatatkan namanya di papan skor melalui tandukan kepala. Skor 4-1!

Gol termudah Markkanen terjadi menit 70 setelah menerima umpan dari Bayu Gatra. Ia mengolahnya sejenak sebelum mengirim tembakan setengah voli, mengecoh kiper Outthilath Nammakhoth. Kita sampai lupa berapa skornya, saking banyaknya gol. Skor 5-1.

Setelah pada menit 77 Lao Toyota membalaskan satu gol menjadi 5-2, tim Juku Eja menambahkan dua gol lagi melalui Ferdinand Sinaga dan Klok. Tapi pada masa extra time Toyota membalaskan satu gol sehingga skor akhir pertandingan Piala AFC di Stadion Pakansari ini usai dengan skor 7-3.

Susunan Pemain PSM Makassar vs Lao Toyota

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Aaron Evans; Taufik Hidayat; Bany Wahyudi; Abdul Rahman; Wiljan Pluim; Bayu Gatra; Zulham Zamrun; Marc Klok; M. Arfan; Eero Markkanen.

Lao Toyota : Outthilath Nammakhoth; Ketsada Souksavanh; Saison Khounsamnan; Victor Amaro; Sayfa Aphideth; Rafael; Somsavath Sophabmixay; Soma Otani; Thipphachanh Inthavong; Manolom Phetphakdy; Kazuo Honma.