PSM Makassar Krisis Pemain Jelang Menjamu Yangon United

Gila Bola – PSM Makassar menjamu Yangon United di babak playoff AFC Cup 2023, Rabu (23/8) sore. Tim asuhan Bernardo Tavares tengah alami krisis pemain jelang laga yang akan digelar di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, tersebut.

Tentu saja, ini menjadi tantangan besar bagi PSM Makassar jelang laga penting ini. Pasalnya, mereka terancam bermain tanpa beberapa pemain kunci saat menyambut Yangon United.

Dari sejumlah pemain yang dipastikan bakal absen di laga ini, dua pemain di antaranya dinyatakan cedera, yakni Muhammad Arfan dan Rizky Eka Pratama. Kedua andalan Juku Eja ini cedera usai laga melawan Persebaya Surabaya, Jumat (18/8).

PSM Makassar bahkan terancam tak bisa diperkuat sang kapten, Wiljan Pluim, yang hingga awal pekan ini belum ikut bergabung dalam latihan tim usai tak bermain di pertandingan terakhir.

Absennya Arfan, Pluim dan Rizky Eka tentunya akan membawa pengaruh besar pada permainan PSM. Juara bertahan Liga 1 Indonesia itupun hanya bisa fokus hadapi tim lawan asal Myanmar tersebut.

Ini Cara PSM Makassar Atasi Krisis Pemain

Diungkapkan Asisten Pelatih PSM Makassar, Imran Amirullah, timnya akan lebih fokus dalam hadapi Yangon United, karena mereka tengah kehilangan beberapa pemain pilar yang dipastikan akan pengaruhi permainan lawan.

Sulitnya, prestasi tim Juku Eja di liga domestik juga tengah menurun. Terakhir, mereka alami dua kekalahan beruntun, yakni kandas di kandang Bali United 2-3 dan kalah 0-1 di Persebaya Surabaya.

Hasil ini – menurut Imran, telah memberi dampak pada kondisi psikologis pemainnya. Para pemain PSM juga merasakan beban mental jelang hadapi Yangon United, karena laga ini jadi penentu kelanjutan mereka di ajang AFC Cup.

PSM Makassar menjadi tim yang harus berjuang di playoff demi kantongi tiket ke fase grup AFC Cup 2023 zona ASEAN. Jika PSM berhasil kalahkan Yangon United, maka skuad Tavares akan masuk dalam pot empat.

PSM Makassar Masih Harus Berjuang, Bali United Sudah Dipastikan Masuk Pot 2

Dalam turnamen ini, AFC resmi mengeluarkan daftar pembagian pot fase grup ajang AFC Cup 2023/24. Terdapat 36 klub yang akan dibagi menjadi sembilan grup, namun hanya zona barat dan zona ASEAN yang akan melalui proses drawing pembagian fase grup.

Hal ini disebabkan karena zona selatan, zona tengah dan zona timur hanya kirimkan tiga klub yang akan saling berhadapan untuk lolos ke babak selanjutnya.

Di samping PSM Makassar, Indonesia juga diwakili Bali United yang sudah dipastikan masuk pot 2 zona ASEAN. Kepastian ini diperoleh setelah skuad Serdadu Tridatu gagal melaju di ajang Liga Champions Asia 2023/24 usai dipermalukan klub Hongkong, Lee Man FC, 5-1. Kekalahan inilah yag akhirnya membuat tim asuhan Stefano Cugurra itu terlempar ke pot 2 AFC Cup.

Rencananya, drawing-nya akan digelar pada 24 Agustus 2023 – hanya satu hari setelah seluruh laga playoff selesai digelar. Meski demikian drawing zona ASEAN dan zona barat tak digabung menjadi satu, tetapi akan dilakukan di masing-masing zona.

Sejauh ini, baik Bali United maupun PSM Makassar – jika lolos fase grup, sama-sama berpeluang besar bertemu Sabah FC.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!