Putusan Aneh Enrique: Ramos Dicoret, Pengkhianat Perancis Malah Masuk Skuad La Roja

Gilabola.com – Inilah kontroversi dalam keputusan aneh Luis Enrique saat mengumumkan anggota skuad timnas Spanyol untuk Euro 2020 pada Senin sore 24 Mei 2021: kapten tim sejak 2016 Sergio Ramos dicoret, seorang pengkhianat Perancis malah masuk daftar pemain.

Mantan pemain Perancis yang menjadi sorotan itu adalah pemain Manchester City Aymeric Laporte. Selama bertahun-tahun ia membela tim nasional Perancis di berbagai kelompok umur, mulai dari U17, U18 sampai U21. Tapi namanya tidak kunjung masuk skuad Les Bleus di bawah asuhan Didier Deschamps.

Pada pekan pertama bulan Mei 2021 ini dengan bantuan PSSI-nya Spanyol dan desakan kuat dari Luis Enrique, pemerintah Spanyol memberikan kewarganegaraan bagi Laporte. Dan hanya dalam waktu 14 hari sejak ia resmi menyandang paspor Spanyol, nama Aymeric Laporte masuk dalam daftar susunan pemain La Roja.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Dalam keputusan yang dirasakan sangat kontroversial di Spanyol, Enrique mengabaikan Ramos karena kekhawatiran atas kebugarannya saat ia mengumumkan skuad yang terdiri dari 24 orang, meskipun dia bisa saja memasukkan 26 nama pemain.

Namun, Enrique membela keputusan untuk tidak mengikutsertakan Ramos, dan malah memilih Laporte untuk pertama kalinya setelah dia beralih kesetiaan dari Perancis bulan Mei 2021 ini. Laporte secara teratur diabaikan oleh Deschamps, dan memenuhi syarat untuk mewakili Spanyol melalui keluarganya yang datang dari wilayah Basque.

Laporte bergabung dengan Rodri, Ferran Torres dan Eric Garcia sebagai wakil dari Manchester City di skuad tim nasional Spanyol. Sebanyak 10 nama dari skuad La Roja merupakan pemain yang merumput di Premier League, sementara hanya 11 nama berkecimpung di La Liga.

“Kami telah mempertimbangkan nama Laporte sejak detik pertama seleksi,” kata Enrique kepada wartawan. “Dia adalah pemain hebat yang berada di salah satu tim terbaik di dunia. Saya tidak suka bahwa keikutsertaannya dikait-kaitkan dengan hilangnya nama Sergio Ramos. Saya menilai Ramos tidak punya cukup waktu untuk tiba dalam kondisi baik.”

Laporte melalui akun Instagram menanggapi panggilan tersebut, mengatakan: “Sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya oleh staf pelatih untuk Euro 2021 yang menarik ini. Saya merasa sangat bangga menjadi bagian dari timnas Spanyol dan saya tidak sabar bergabung dengan tim yang luar biasa ini. Ayo cepetan!”

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO