Rafa Benitez Tinggalkan Klub China, Ditawar Klub Eropa?

Gilabola.com – Rafa Benitez tinggalkan tugasnya sebagai manajer klub China, Dalian Professional, setelah baru menjabat selama 18 bulan.

Pelatih berusia 60 tahun yang pernah mengasuh Newcastle United, Liverpool dan Chelsea itu sebenarnya juga masih memiliki sisa kontrak satu musim lagi di klub Liga Super China tersebut. Namun manajer Spanyol itu – dan seluruh stafnya, memutuskan musim pekan ini.

Spekulasi mengenai karir Benitez pun mengemukan. Namun pelatih itu menyatakan, keputusannya untuk mundur semata disebabkan karena pandemi yang masih mengkhawatirkan.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

“Sayangnya, seperti yang terjadi tahun lalu, pandemi telah mengubah hidup dan rencana kerja kita,” tandas Benitez, seperti dilansir BBC Sport.

“Pandemi masih melanda di sini, mengancam kita semua, dan mendukung keluarga kita telah menjadi sebuah prioritas saat hal ini diputuskan,” tambah Rafa Benitez.

Dalian sendiri bisa terhindari dari degradasi pada musim 2020, di mana mereka finish di posisi ke-12 setelah jalani serangkaian playoff. Selama waktunya di klub yang diasuhnya mulai Juli 2019 usai ia tinggalkan Newcastle, itu Benitez juga mengawasi pengembangan fasilitas pelatihan dan akademi baru.

“Kami sudah mencoba mempelajari dan memahami budaya baru, selain mengembangkan pula visi sepak bola yang lebih profesional dan lebih berbau Eropa,” ujarnya.

“Saya yakin, kami telah meninggalkan sebuah struktur dan metodologi yang bisa membawa proyek itu berjalan sukses. Sejak kami datang, skuad utama telah diremajakan dan pondasinya sudah dimantapkan untuk masa depan, mulai dari sekolah-sekolah di akar rumput hingga puncaknya,” tandas Benitez.

“Saya ucapkan selamat tinggal dengan penuh kesedihan, tapi di saat yang sama saya juga yakin masa depan akan cerah,” ungkap Rafa Benitez yang juga pernah menjadi pelatih Real Madrid itu.

Sementara itu menurut laporan The Guardian, kembalinya Benitez ke Eropa membuat beberapa klub langsung pasang radar. Ia langsung dikaitkan dengan kemungkinan kembali ke Liga Premier, terutama ke bekas klubnya, Newcastle. Apalagi saat ini penggantinya, Steve Bruce, telah berada dalam tekanan karena posisi Newcastle yang terjun bebas ke peringkat 15.

Benitez yang lahir di Madrid mengawali karirnya sebagai pelatih tim B Real Madrid di era 70-an. Dia sudah melanglang buana ke banyak klub Spanyol, Italia dan Inggris, sebelum akhirnya hijrah ke China pada tahun 2019.