Real Madrid Selalu Kalahkan Barcelona di Copa del Rey Sejak 2013

Real Madrid Selalu Kalahkan Barcelona di Copa del Rey Sejak 2013

Nanti malam ada El Clasico! Dan Real Madrid gembira membayangkan bahwa mereka selalu berhasil mengalahkan Barcelona di ajang Copa del Rey sejak 2013.

Semi final Copa del Rey, Kamis dinihari, mempertemukan Barcelona vs Real Madrid, merupakan pertemuan ke-35 di antara kedua raksasa La Liga itu, dengan kedua tim sama-sama pernah memenangkan 10 pertandingan di masa lalu.

Leg kedua semi final Copa, yang akan berlangsung 28 Februari mendatang, akan merupakan pertemuan ke-36 di antara kedua tim.

Advertisement
advertisement
advertisement

Kedua tim paling menonjol di Spanyol ini pertama kali bertemu tahun 1902 dalam turnamen yang mendahului Copa, Coronation Cup. Waktu itu Blaugrana berhasil mengalahkan lawan mereka 3-1 sebelum bertemu lagi empat tahun kemudian dalam laga yang terdiri dari empat leg. Tapi Barca ngambek dan mundur dari leg keempatnya sebagai protes atas wasit.

10 Pertemuan Terkini Barcelona vs Real Madrid di Copa del Rey

  • 1970 babak perempat final, leg pertama Real Madrid menang 2-1 atas Barca. Leg kedua Barca 1-1 Real Madrid
  • 1973 partai final Real Madrid meghancurkan Barcelona 4-0
  • 1982 partai final Barcelona mengungguli Los Blancos 2-1
  • 1989 partai final Barca sekali lagi mengalahkan musuh bebuyutannya 2-0
  • 1992 semi final leg pertama Los Merengues main 1-1 lawan Barca, leg kedua 1-2 untuk keunggulan tim putih-putih
  • 1996 babak 16 besar Barcelona sekali lagi lebih unggul berkat skor 3-2 dan 1-1
  • 2010 final Real Madrid menang 1-0
  • 2012 perempat final Barca kembali lebih unggul dengan skor 1-2 leg pertama dan 1-1 pada leg kedua
  • 2013 semi final Real Madrid menang dalam dua leg, 1-1 dan 1-3

Terakhir kali kedua tim bertemu di kompetisi ini adalah pada partai final 2014, saat Los Blancos mengalahkan Barca 2-1. Sejak saat itu tim asal Catalonia itu selalu menjadi juara di Copa del Rey, empat kali berturut-turut, dengan mengalahkan Athletic Biilbao, Sevilla, Alaves, dan Sevilla kembali.

Namun kegemilangan Los Merengues ini dibayang-bayangi dua kekalahan terakhir El Clasico, meski keduanya terjadi bukan di partai Copa del Rey. Barca menang 5-1 atas Real Madrid di ajang La Liga, 28 Oktober lalu, yang menjadi momen pemecatan Julen Lopentegui. Sebelum itu Barca pernah pula menang 3-0 atas Real Madrid di Bernabeu pada 23 Desember 2017.

Satu-satunya yang bisa menghibur skuad Sergio Ramos dan kawan-kawan adalah, penampilan mereka semakin membaik dibandingkan pekan-pekan pertama awal musim. Usai kekalahan dari Leganes di leg kedua babak 16 besar Copa, yang tidak menghalangi langkah Los Blancos ke perempat final menghadapi Girona, mereka sudah menang lima kali. Dua di antaranya dengan kebobolan dua gol, satu kemasukan satu gol. Total mereka memasukkan 16 gol, kemasukan lima sejak kekalahan Leganes itu.