Roberto Mancini Nasibmu, Gagal di Italia, Gagal Pula di Arab Saudi

Gilabola.com – Gaji pelatih Arab Saudi, Roberto Mancini, tahu gak berapa besar? Gajinya melebihi semua bayaran semua manajer sepak bola lain di lima liga elit Eropa. Tidak heran jika ia mencampakkan timnas Italia dan pindah membela the Green Falcons.

Namun karirnya di Arab Saudi kini dalam keraguan besar setelah mereka disingkirkan oleh Korea Selatan di tahap 16 besar Piala Asia yang sedang berlangsung di Qatar. Laga itu harus diselesaikan dengan adu penalti dan dua eksekutor tim hijau terlalu gugup.

Laskar Taegeuk menang dengan adu penalti pada Rabu dinihari (31/1) setelah empat penendangnya menyelesaikan tugasnya, dengan Hwang Hee-chan menjadi pahlawan tim sebagai penendang keempat, sedangkan dua eksekutor Arab Saudi gagal. Skor akhir adu penalti 2-4.

Tim hijau memimpin dengan keunggulan satu gol sampai ke menit 98 pertandingan di waktu normal, sebelum datang gol dari pemain Midtjylland Cho Gue-sung yang berhasil menyamakan skor 1-1.

Tidak ada gol selama extra time sehingga laga terpaksa dilanjutkan ke adu penalti. Pada tahap ini Son Heung-min, Kim Young-gwon, Cho Gue-sung dan Hwang Hee-chan menyelesaikan tugasnya dengan sempurna.

Berapa Gaji Roberto Mancini di Arab Saudi?

Ia termasuk dadakan meninggalkan timnas Italia guna mengambil alih tanggung jawab di negeri gurun itu pada akhir Agustus 2023, diperkenalkan sebagai pelatih resmi timnas Arab Saudi pada 27 Agustus lalu.

Mancini, yang mengikat kontrak selama empat tahun, mengatakan bahwa ia merasa mendapatkan kehormatan sangat besar ditawari posisi sebagai pelatih tim nasional Arab Saudi.

Ya iyalah. Tahu gaji Mancini berapa besar untuk memberi advis, melatih para pemain dan meracik strategi tim? 25 juta Euro per tahun! Itu setara dengan 428 Miliar rupiah.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Bayaran sebesar itu mengalahkan siapa pun manajer lain di lima liga elit Eropa. Sebut saja siapa. Pep Guardiola? 395 Miliar rupiah saja per tahun di Manchester City. Carlo Ancelotti? Kasihan. Cuma 85,5 Miliar rupiah per tahun di Real Madrid.

Jurgen Klinsmann Berapa Gajinya di Korea Selatan?

Hanya ada rumor bahwa ia merupakan pelatih sepak bola dengan gaji terbesar kedua di dunia setelah Mancini. Tetapi tidak ada angkanya.

Jurgen Klinsmann direkrut secara khusus oleh PSSI-nya Korea Selatan guna membawa kejayaan Son Heung-min dan rekan-rekannya di Piala Asia.

Mereka baru dua kali meraih juara di ajang kompetisi ini. Berikut adalah deretan negara dengan jumlah trofi terbanyak di Piala Asia:

  • Jepang 4 kali juara, masuk final lima kali
  • Arab Saudi tiga kali, finalis enam kali
  • Iran tiga kali juara, selalu menang di final
  • Korea Selatan dua, dari enam kali lolos ke final
  • Israel satu kali dari tiga kali final
  • Kuwait dan Australia masing-masing satu trofi, dua final.