Ronald Koeman Berharap Final Copa del Rey Tak Pengaruhi Nasibnya di Barcelona

Gila Bola – Ronald Koeman berharap hasil final Copa del Rey melawan Athletic Bilbao pada Minggu dini hari 18 April 2021, tak berpengaruh pada nasibnya sebagai pelatih Barcelona.

Kemenangan yang berpeluang dikantongi Barca dalam laga final yang akan digelar di Seville akhir pekan ini, akan menjadi kemenangan ke-31 yang dibukukan tim Catalan tersebut. Sedangkan bagi Bilbao, mereka akan mengangkat trofi Copa del Rey yang ke-24.

Koeman mengaku merasa ‘aneh’ jika masa depannya sebagai pelatih Blaugrana dikaitkan dengan hasil final Copa del Rey melawan Athletic Bilbao. Pelatih asal Belanda itu baru setahun lalu mengambil alih posisi pelatih di Camp Nou. Walau musim perdananya cukup menyenangkan, namun posisinya tak pasti usai datangnya presiden baru, Joan Laporta.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

“Sedikit aneh bahwa saya perlu menjawab pertanyaan seperti ini, karena kami sudah lakoni 19 pertandingan tanpa kekalahan. Kami kalah dalam satu laga dan saya harus bicara mengenai masa depan saya?”, ungkap Ronald Koeman.

“Mungkin saya harus menerimanya. Saya masih terikat kontrak lebih dari setahun lagi. Saya tahu ada tekanan besar dan saya bisa menanganinya, tapi kadang-kadang hal itu sedikit aneh,” tambah Koeman, seperti dilansir First Post.

Ditanya apakah dia akan tunjukkan dukungan Laporta kepada publik, pelatih 57 tahun itu mengaku ia tak perlu melakukannya. “Saya tak perlu bicara sesuatu setiap kali ada tekanan.  Dia sudah tunjukkan pada saya kepercayaannya, saya tahu di mana posisi saya. Walau ada masalah keuangan, di Barca anda harus memenangkan sesuatu,” tegasnya.

Skuad Ronald Koeman kalah dari Athletic Bilbao di final Piala Super Spanyol di bulan Januari, tapi Barca kemudian mengalahkannya dalam laga kandang maupun tandang di La Liga.

Dua pekan sebelum final Copa del Rey musim ini, Bilbao kalah dari Real Sociedad di final copa musim lalu yang ditunda hingga tahun ini akibat pandemi. “Penting bagi klub untuk memenangkan trofi besar, terutama karena situasi klub saat ini,” ujar Koeman yang juga menyatakan, Gerard Pique sudah siap bermain setelah pulih dari cedera lutut.

Bagi Athletic Bilbao, kekalahan di tangan Barca dini hari nanti bisa membuat mereka mengukir sejarah buruk dan tak diinginkan, yakni sebagai sebuah tim yang dua kali kalah di final Copa del Rey hanya dalam selang waktu dua pekan, dan ini akan menjadi catatan yang pertama.