Ronald Koeman Kembali Latih Timnas Belanda Usai Piala Dunia Qatar

Ronald Koeman tengah negosiasikan peluangnya kembali ke Timnas Belanda usai Piala Dunia Qatar akhir tahun ini.

Gila Bola – Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) kembali membidik Koeman sebagai pengganti Louis van Gaal – pelatih yang menggantikan dirinya saat ia putuskan pindah ke Barcelona pada tahun 2020.

Diungkapkan NOS, seperti yang dilansir NL Times, saat ini Koeman masih menganggur sejak pelatih 59 tahun itu tinggalkan Barca pada akhir bulan Oktober 2021.

Sedangkan Van Gaal, kontraknya di tim Oranje akan berakhir pada bulan Desember tahun ini, tepat setelah Piala Dunia Qatar. Ronald Koeman sekarang bahkan sudah menyusun proposalnya, yang termasuk menjabarkan bagaimana bentuk timnya nanti.

Dia sebelumnya memang menjabat sebagai pelatih nasional sejak tahun 2018 hingga tahun 2020, sebelum akhirnya mengumumkan dirinya sebagai pelatih kepala di Barcelona. Namun, Koeman dipecat oleh bekas klub yang pernah dibelanya sebagai pemain itu, setelah mereka alami serangkaian kekalahan.

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT

Di bawah asuhan Koeman, Belanda berhasil mencapai final Uefa Nation League di tahun 2019. Sejak berada di posisi teratas Grup G di kualifikasi Piala Dunia, mereka sudah memenangkan tujuh pertandingan dan dua kali imbang, serta total kantongi poin 23. Lalu disusul Turki di posisi kedua dengan 21 poin dan Norwegia yang kantongi poin 18 di urutan ke tiga.

Pada musim panas mendatang, Belanda – yang berpeluang kembali diasuh Ronald Koeman mulai tahun depan, dijadwalkan akan bertanding melawan Belgia, Polandia dan Wales di ajang Uefa Nations League musim ini.

Ditambahkan Football-Espana, saat mengasuh Barca selama 14 bulan, Koeman berhasil mempersembahkan trofi Copa del Rey musim lalu. Sayangnya, sejak awal musim ini manajer tersebut harus melihat permainan timnya terus menurun, terutama setelah mereka kehilangan Lionel Messi.

Namun, Koeman kemungkinan akan bekerja kembali sebelum tahun ini berakhir, dengan kembali menduduki jabatan pelatih Timnas Belanda.

Saat Ronald Koeman putuskan untuk tinggalkan Oranje pada tahun 2020 dan mengasuh Barcelona, posisinya digantikan Frank de Boer, yang ternyata sangat mengecewakan, dan Belanda tersingkir di perempat-final Euro 2020.

Louis van Gaal kemudian mengambil alih posisi De Boer – di mana mantan pelatih Barcelona dan Manchester United itu kembali mengasuh Timnas Belanda untuk ketiga kalinya. Namun, Van Gaal yang akan berusia 71 tahun pada bulan Agustus 2022 itu telah menyatakan bahwa ia tak akan berada di posisinya lagi setelah Piala Dunia Qatar. Belanda pun membuka pintu untuk kembalinya Koeman mengasuh Frenkie de Jong dan kawan-kawan.

PILARWIN
PILARWIN
IBOSport
MACAUBET
SebelumnyaPrediksi Euro 2020: Bakal Ada Juara Baru, Tapi Bukan Perancis
SelanjutnyaTawaran FINAL Man Utd Untuk De Jong, Siap Jadikan Dia Pemain Bayaran Tertinggi di Inggris!