Ronaldo Favorit Menang Sepatu Emas Eropa, Maaf Tak Ada Messi Kali Ini

Ronaldo Favorit Menang Sepatu Emas Eropa, Maaf Tak Ada Messi Kali Ini

Enam pemain tua menghiasi 10 urutan teratas, termasuk Cristiano Ronaldo salah satu favorit menang Sepatu Emas Eropa 2020. Tapi maaf tidak ada nama Lionel Messi kali ini.

Mendekati sepertiga akhir musim di lima liga elit Eropa, sejumlah nama sudah mulai muncul menghiasi urutan-urutan teratas calon pemenang Golden Shoe award, penghargaan yang direbut oleh Lionel Messi tahun lalu. Sebanyak enam dari 10 nama teratas dihuni para pemain tua berusia 30 tahun atau lebih, termasuk Ronaldo salah satu favorit terkuatnya.

Berita ini menjadi tidak relevan hanya dalam waktu tiga jam saja, Sabtu (22/2) malam setelah Lionel Messi mencetak empat dari lima gol Barcelona ke gawang Eibar. Dengan empat gol itu La Pulga mengumpulkan 18 gol dan naik ke posisi keenam untuk persaingan memperebutkan hadiah Sepatu Emas 2020.

Cristiano Ronaldo menghuni urutan ketiga calon terkuat pemenang Sepatu Emas Eropa 2020 dengan 20 gol bersama Juventus. Sementara itu urutan teratas masih diisi oleh Ciro Immobile dengan 26 gol, masih dalam jangkauan sang mantan striker Real Madrid tersebut. Urutan 10 pemain teratas dengan jumlah gol, nama klub dan usianya ada di bawah ini, seperti dikutip dari situs Transfermarkt:

  • Ciro Immobile (Lazio) 26 gol, 52 poin, usia 30 tahun
  • Robert Lewandowski (Bayern Munchen), 25 gol, 50 poin, usia 31 tahun
  • Cristiano Ronaldo (Juventus), 20 gol, 40 poin, 35 tahun
  • Timo Werner (RB Leipzig), 20 gol, 40 poin, 23 tahun
  • Erling Haaland (Borussia Dortmund), 24 gol, 40 poin, 19 tahun
  • Jamie Vardy (Leicester City), 17 gol, 34 poin, 33 tahun
  • Romelu Lukaku (Inter), 17 gol, 34 poin, 26 tahun
  • Sergio Aguero (Manchester City), 16 gol, 32 poin, 31 tahun
  • Wissam Ben Yedder (AS Monaco), 16 gol, 32 poin, 29 tahun
  • Erik Sorga (Flora Tallinn), 31 gol, 31 poin, 20 tahun
Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Seperti yang Anda bisa lihat. Tak ada nama Lionel Messi di urutan sepuluh besar calon pemenang Golden Shoe award tahun ini. Nama sang striker Barcelona itu ada di urutan 16 dengan 14 gol dan perolehan 28 poin.

Ada perhitungan poin pada pemberian penghargaan ini. Poin berguna untuk memberi bobot gol karena mencetak gol pada lima liga elit Eropa tentu lebih sulit daripada di liga-liga lainnya. Contoh terbaik untuk soal bobot gol ini terlihat dari Erling Haaland. Ia mencetak 24 gol tapi jumlah poinnya bukan 48, melainkan hanya 40 karena bobot golnya selama di RB Salzburg Austria lebih rendah daripada gol-golnya saat ini di Borussia Dortmund, Liga Jerman.

Erik Sorga yang menduduki urutan 10 pada daftar di atas akan merasa pembobotan gol ini tidak adil untuknya. Ia sudah mencetak 31 gol – lebih banyak daripada pemain lain mana pun- tapi hanya dihargai satu poin untuk satu gol karena Flora Tallinn klubnya bermain di Liga Estonia.

Lionel Messi sudah menang empat kali beruntun sejak musim 2015/2016, total sudah enam kali. Ronaldo berhasil merebutnya pada empat kesempatan, tapi terakhir kali hal itu terjadi adalah pada musim 2014/2015 saat masih berseragam Real Madrid.