Rusia Menang 9-0, Eh Masih Gagal Pecahkan Rekor Gol Terbanyak

Rusia Menang 9-0, Eh Masih Gagal Pecahkan Rekor Gol Terbanyak

Rusia menang 9-0 atas San Marino tadi malam, tapi masih gagal memecahkan rekor gol terbanyak negerinya. Berapa?

Pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 Sabtu (8/6) malam, Rusia menang 9-0 atas negeri mungil yang terjepit di dalam wilayah negara Italia, San Marino. Tapi meski sudah menang sembilan gol tanpa balas, skor segitu masih belum memecahkan rekor gol terbanyak negeri itu.

Saat Rusia masih berjaya dan bernama Uni Soviet – yang membentang lebih luas dari wilayah hari ini dan mencakup negara-negara yang namanya berakhiran “stan” – mereka pernah menang dengan skor 11-1 lawan India tahun 1955 dan skor 10-0 lawan Finlandia tahun 1957.

San Marino termasuk lumayan, mampu bertahan selama 24 menit sebelum banjir gol terjadi, dimulai dengan gol bunuh diri Michele Cevoli, yang membelokkan umpan silang Aleksandr Golovin ke gawang sendiri.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Dalam waktu 16 menit saja sejak gol bunuh diri tadi, Rusia sudah unggul 4-0 dengan Artem Dzyuba, Fedor Kudryashov dan Anton Miranchuk semuanya mencetak gol sebelum masa turun minum. Pada babak kedua terjadi lima gol lagi dengan Artem Dzyuba menyumbangkan tiga.

Tapi di bawah nama Rusia, inilah kemenangan terbesar mereka dalam sejarah. Skor terbesar sebelum ini adalah 7-0 yang dicapai saat melawan Liechtenstein (sebuah negara mungil lain di dekat Swiss) tahun 2015 dan San Marino tahun 1995.