Sadio Mane Absen di Laga Pembuka Piala Afrika 2019

Sadio Mane Absen di Laga Pembuka Piala Afrika 2019

Gilabola.com – Sadio Mane tak akan tersedia untuk Timnas Senegal di pertandingan pertama di ajang Piala Afrika 2019.

Pelatih Senegal, Aliou Cisse, mengonfirmasikan pemain berusia 27 tahun harus jalani suspensi satu pertandingan, setelah ia mendapat dua kartu kuning di pertandingan kualifikasi lalu.

Mane kantongi kartu kuning saat Senegal menang di laga tandang mereka ke markas Guinea pada tahun 2018, dan saat Senegal juga raih kemenangan 2-0 atas Madagaskar. Namun, keputusan untuk melarang Mane bermain di laga perdana Timnas Senegal malah baru diputuskan akhir pekan ini – satu pekan sebelum turnamen itu digelar.

Dengan keputusan tersebut, maka bintang Liverpool itu tak akan membela Senegal di laga kontra Tanzania, 23 Juni mendatang. Namun, Sadio Mane bisa bermain di dua pertandingan babak penyisihan grup berikutnya, yakni di laga melawan Aljazair dan Kenya.

Tak Ganggu Timnas Senegal

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Cisse menolak untuk sampaikan kritiknya terhadap otoritas sepakbola terkait keputusan untuk Mane di gelaran Piala Afrika ini. Ia bahkan tampak tidak khawatir jika skuadnya harus bertarung tanpa pemain terbaiknya tersebut.

“Absennya Sadio seharusnya tidak mengganggu kita. Tentu saja kehadiran Sadio akan bermanfaat bagi tim, tapi tanpa dia kami akan tetap kuat,” tegas Cisse kepada wartawan, seperti dilansir Mirror.

“CAF (Konfederasi Sepakbola Afrika) telah memutuskan hal ini, jadi kami tidak akan membuang-buang waktu untuk lakukan protes, kami hanya harus mempersiapkan tim kami,” tambahnya.

Ajang Piala Afrika yang tahun ini akan digelar di Mesir itu, rencananya akan dimulai pada Jumat (21/6) pekan depan, atau Sabtu (22/6) dinihari WIB. Di laga pembuka, tuan rumah akan bertemu Zimbabwe di Cairo International Stadium.

Senegal Favorit Juara Bersama Mesir dan Ghana

Mesir yang diperkuat rekan senegara Sadio Mane, Mohamed Salah, difavoritkan akan menjadi juara dalam turnamen ini. Tapi, Senegal dan Ghana juga menjadi dua tim kuat yang sama-sama berpeluang juara.

Sayangnya, Mane tak bisa bermain di laga pembuka, dan ini menjadi pukulan tersendiri bagi Timnas Senegal. Mane yang baru saja membawa Liverpool menjadi juara Liga Champions 2018/19 dan dinobatkan sebagai top skorer di Liga Premier musim lalu, sukses mencetak 22 gol dan berbagi penghargaan Golden Boot bersama Salah serta bintang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang.

Ini bukan kali pertama bagi Mane tak bisa bermain di laga pembuka Piala Afrika. Dia juga absen saat Senegal menggelar pertandingan perdana di Piala Afrika 2015, saat mereka hadapi Guinea. Ketika itu, dia masih harus jalani pemulihan cedera betis.

Memenangkan gelar juara di Piala Afrika 2019 bersama Senegal, pastinya akan membuat Mane dinilai menjadi pemain yang teramat sukses tahun ini. Pasalnya, ia sebelumnya ikut membawa Liverpool menjadi juara Liga Champions, lalu membawa klubnya itu menutup musim di posisi dua setelah nyaris merebut gelar juara Liga Premier dari Manchester City, dan meraihh Golden Boot.