Siapakah Lamine Yamal? Pecahkan Dua Rekor Timnas Spanyol Tadi Malam

Gila Bola – Satu rekor terjadi menit 44, rekor lain menit 74. Pemain muda Barcelona Lamine Yamal memecahkan dua rekor sekaligus dalam penampilannya bersama timnas Spanyol tadi malam di Georgia dalam kualifikasi Euro 2024.

Menit 44 Yamal masuk menggantikan Dani Olmo yang cedera. Dengan turun ke lapangan hijau saja ia sudah memecahkan rekor pemain termuda yang melakukan debutnya bagi La Roja.

Sementara itu pada menit 74 saat ia mencetak gol ketujuh timnas Spanyol dalam kemenangan tujuh gol atas Georgia, Yamal menjadi pencetak gol termuda negaranya. Satu malam, dua rekor!

Yamal Kudeta Posisi Gavi Sebagai Debutan Termuda 

Siapa pemegang rekor sebagai pemain debutan termuda dalam skuad La Roja sebelum tadi malam? Gavi, sesama pemain Barcelona, sebelum ini adalah pemegang rekor pemain paling muda dalam tim nasional Spanyol.

Saat melakukan debutnya pada tahun 2021, Gavi berusia 17 tahun dan 62 hari. Kini ia harus merelakan gelar pemain paling muda direbut pemain blasteran Maroko dan Guinea Khatulistiwa ini.

Yamal berusia 16 tahun dan 57 hari saat turun pada menit 44 guna menggantikan gelandang RB Leipzig yang cedera, Dani Olmo.

Kini Gelar Pencetak Gol Termuda Juga Direbut Lamine Yamal

Bukan hanya rekor debutan termuda. Pemain kelahiran Esplugues de Llobregat, salah satu kecamatan di kota Barcelona itu juga memecahkan rekor pencetak gol termuda dalam sejarah tim nasional Spanyol.

Sebelum ini rekor tersebut dipegang oleh Gavi yang mencetak gol dalam usia 17 tahun dan 304 hari. Kini Yamal mencatatkan umur yang lebih muda lagi, 16 tahun dan 57 hari yang sepertinya akan sulit dipecahkan untuk waktu yang sangat lama.

Yamal Harus Berterima Kasih Pada Manajer Timnas

Jika ada orang kepada siapa ia harus berterima kasih maka itu adalah manajer tim nasional Luis de la Fuente.

Dengan berani sang pelatih memasukkan nama Yamal dalam skuad timnas Spanyol untuk laga tandang di Georgia ini, setelah si pemain 16 tahun itu mencatatkan sejumlah prestasi gemilang bersama Barcelona.

Ia menyumbangkan dua assist dalam kemenangan Blaugrana 3-4 di kandang Villarreal pada 27 Agustus lalu dan terpilih sebagai man of the match untuk penampilannya selama 76 menit.

Figur kedua yang harus diberi ucapan terima kasih adalah Nico Williams, pemain Athletico Bilbao. Tanpa crossing dari pemain 21 tahun dengan nomor jersey 11 itu, tidak mungkin Yamal menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah timnas Spanyol!

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!