Skuad Azzurri Dapat Gelar Ksatria dari Pemerintah Italia Usai Juara Euro 2020

Gilabola.com – Roberto Mancini, Gianluca Vialli dan skuad timnas Italia secara keseluruhan menerima penghargaan dari pemerintah Italia setelah kemenangan UEFA Euro 2020 mereka.

Kepala Negara Italia yaitu presiden Sergio Mattarella berada di tribun di Wembley untuk menyaksikan skuad asuhan Roberto Mancini mengalahkan tuan rumah Inggris melalui adu penalti di final Euro 2020 pada Senin (12/7) dini hari WIB.

Skuad Gli Azzurri kemudian terbang kembali ke Roma sehari setelahnya dan bertemu dengan Sergio Mattarella di istana Quirinal pada Jumat (16/7) waktu setempat untuk mendapatkan penghargaan kenegaraan, Ordine al Merito della Repubblica Italiana.

Advertisement

Perlu diketahui bahwa Ordine al Merito della Repubblica Italiana adalah gelar ksatria, sebuah penghargaan tertinggi di Republik Italia untuk orang-orang yang berjasa besar bagi negara di berbagai bidang mulai dari sastra, seni, ekonomi, pelayanan publik, kegiatan sosial, pengabdian panjang di bidang sipil dan militer, dan lainnya.

Ada enam derajat gelar ksatria dalam sistem penghargaan Republik Italia ini, dimulai dari gelar terendah : Cavaliere (kstaria), Ufficiale (perwira), Commendatore (komandan), Grande Ufficiale (perwira agung), Cavaliere di Gran Croce (Grand Cross) dan Cavaliere di Gran Croce con Cordone (Grand Cross khusus kepala negara).

Presiden FIGC Gabriele Gravina, pelatih Roberto Mancini, manajer tim Gabriele Oriali dan kepala delegasi Gianluca Vialli semuanya mendapatkan penghargaan Grande Ufficiale (perwira agung), sementara kapten Giorgio Chiellini dan setiap anggota skuad Gli Azzurri diberi gelar Cavaliere (ksatria).

Sementara itu, kemenangan di Euro 2020 adalah kedua kalinya Italia memenangkan Kejuaraan Eropa setelah 1968, dan itu membuat mereka kini memiliki total enam trofi besar internasional setelah juga memenangkan empat Piala Dunia.