Sudah 1-1, Pemain Debutan Spanyol Beri Penalti Bagi Italia

Gila Bola – Pelatih Spanyol akan menyesali keputusannya memasukan pemain debutan ini setelah ia menjadi penyebab handball yang berujung hadiah penalti bagi Italia dan menyamakan skor 1-1 setelah satu penyerang Villarreal membuka skor bagi La Roja.

Ada satu nama asing di deretan pemain bertahan Spanyol pada laga semifinal UEFA Nations League yang berlangsung Jumat dinihari (16/6) di Stadion De Grolsch Veste di kota Enschede di Belanda ini, yakni Robin Le Normand asal Real Sociedad.

Satu percobaan serangan dari pasukan Azzurri membentur lengan Le Normand dan wasit memberi hadiah penalti bagi Italia yang diselesaikan secara baik oleh striker Lazio Ciro Immobile. Skor 1-1 bertahan sejak menit 11 sampai menit 35 saat berita bola ini diunggah.

Spanyol Unggul Duluan, Tapi Italia Membalas 

Sebenarnya pasukan Luis de la Fuente unggul lebih dulu melalui gol cepat menit keempat oleh Yeremy Pino, pemain asal Villarreal. Namun handball dari Le Normand menyebabkan Ciro Immobile bisa menyamakan skor 1-1.

Selang 11 menit kemudian ada gol kedua dari Azzurri melalui Davide Frattesi, pemain Sassuolo, namun dibatalkan oleh wasit karena ada offside lebih dulu dalam pembangunan serangan.

Spanyol Lebih Dominan, Juga Lebih Agresif

Kedatangan Luis de la Fuente terjadi setelah Luis Enrique mengundurkan diri menyusul kegagalan di Piala Dunia 2022 Qatar. Bekas pelatih tim yunior Spanyol itu memiliki pendekatan berbeda dibandingkan Enrique pendahulunya.

Setelah kick-off, segera terlihat La Roja kalah dominan dibandingkan pasukan Roberto Mancini yang menguasai si bundar sampai mendekati 55 persen, namun timnas Spanyol secara perlahan kemudian mengambil alih dominasi sampai 52% saat laga mendekati akhir babak pertama.

Selain itu Alvaro Morata dan rekan-rekannya melepaskan tujuh percobaan gol, tiga tepat sasaran. Bandingkanlah itu dengan juara Eropa 2020 yang hanya memiliki dua percobaan gol dan satu shot on target ke gawang Unai Simon.

Spanyol vs Italia Musuh Lama, Derby Mediterania

Ini merupakan pertemuan dua musuh lama di level Eropa dan dunia. Spanyol vs Italia mendapat julukan sendiri sebagai Derby Mediterania, sebuah julukan yang muncul sejak tahun 1920-an.

Permusuhan kedua negara semakin sengit sejak La Roja berhasil mengalahkan Italia 4-0 pada final Euro 2012. Sejak saat itu tim asal semenanjung Iberia ini sudah menang empat kali dan kalah dua melawan tim biru, dengan dua laga sisanya berakhir draw.

Pertemuan terbaru terjadi di ajang semifinal UEFA Nations League pada Oktober 2021 saat kapten Leonardo Bonucci diusir dan Spanyol memenangkan laga dengan dua gol dari Ferran Torres.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!