Swiss Harus Waspadai Pemain Ini, 50 Persen Gol Wales di Euro 2016 Berasal Darinya

Gilabola.com – Dalam beberapa menit lagi, Swiss yang favorit untuk finish sebagai runner up di grup A Euro 2020 ini akan menghadapi Wales, semifinalis edisi 2016 lalu, di laga perdana mereka di Kejuaraan Eropa tahun ini.

Swiss lolos ke turnamen musim panas ini dengan cara yang meyakinkan, finish di puncak klasemn grup D dengan mengalahkan persaingan dari Denmark, Irlandia, Georgia, dan Gilbraltar, dengan memenangkan 17 poin dari delapan pertandingan.

Xherdan Shaqiri dan kawan-kawan juga saat ini berada di peringkat ke-13 FIFA, hanya ada delapan tim Eropa lain di Euro 2020 ini yang punya peringkat lebih tinggi dari mereka, dan membuat mereka difavoritkan untuk mendampingi Italia dan lolos dari grup A mereka.

Advertisement

Kendati begitu, lawan perdana mereka yakni Wales tak patut diremehkan. Tim berjuluk The Dragons ini sudah terbukti kedahsyatannya pada Euro 2016 lalu, mengejutkan dunia dengan melaju hingga babak semifinal, mengalahkan favorit Belgia 3-1 di perempat final, sebelum dikalahkan Portugal yang akhirnya keluar sebagai juara.

Tentu saja di atas kertas Gareth Bale akan menjadi pemain yang paling diwaspadai para pemain Swiss terutama karena nama besarnya dan prestasinya yang telah terbukti sejauh ini, tapi sebenarnya ada satu lagi pemain yang juga patut diperhitungkan oleh pasukan Vladimir Petković.

Dia adalah gelandang Juventus, Aaron Ramsey. Euro 2016 adalah debut Wales di Kejuaraan Eropa ini tapi mereka secara luar biasa bisa mencapai semifinal dan gelandang berjuluk ‘Rambo’ itu merupakan kunci dari keberhasilan tim besutan Chris Coleman kala itu.

Dari total 10 gol yang dicetak Wales di sepanjang turnamen, 50 persen di antaranya merupakan kontribusi dari Aaron Ramsey, perinciannya adalah satu gol dan empat assist. Terlepas dari musimnya yang mengecewakan di Juventus, pemain ini tetap patut diwaspadai Swiss karena kemampuannya dalam mencetak gol atau assist, yang terbukti selama di Arsenal, mencetak 65 gol dan 65 assist dalam 371 penampilannya untuk The Gunners.