Tiga Gol Brasil Dibatalkan Wasit, Gagal Menang Atas Venezuela

Tiga Gol Brasil Dibatalkan Wasit, Gagal Menang Atas Venezuela

Bukan satu, bukan dua, tapi tiga gol Brasil dibatalkan wasit saat melawan Venezuela pada laga Copa America hari Rabu (19/6). Skor akhir 0-0.

Pertandingan Brasil vs Venezuela pada Rabu pagi di Arena Fonte Nova berlangsung tidak seimbang. Selecao tampil dominan dan menguasai bola lebih dari 70% tapi gagal memenangkan pertandingan setelah tiga gol Brasil dibatalkan wasit. Dua dengan keputusan usai melihat layar VAR, satu langsung dengan mata kepalanya sendiri.

Gol pertama Brasil yang dibatalkan wasit terjadi pada babak pertama menit 39 saat satu umpan silang dikirimkan Dani Alves ke dalam kotak penalti. Namun Roberto Firmino terlihat melanggar satu pemain Venezuela terlebih dulu sebelum menerjang bola.

Sementara itu dua gol Brasil lainnya yang juga dibatalkan wasit terjadi pada babak kedua, masing-masing oleh Gabriel Jesus dan Philippe Coutinho pada babak kedua. Penonton tuan rumah merasa frustrasi dengan pembatalan dua gol tadi, bereaksi keras menyoraki setiap kali wasit membuat simbol VAR dengan tangannya.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Babak pertama berakhir 0-0 dengan tuan rumah merasa sangat kecewa gagal mencetak gol. Dominasi atas bola mencapai lebih dari 75% dengan enam tembakan atau percobaan serangan tapi tak satu pun menjadi gol. Faktanya adalah, tak satu kali pun para pemain Brasil berhasil menembus lini belakang Venezuela. Rafael Dudamel selaku pelatih tim tamu merasa sangat senang dengan penampilan anak buahnya.

Sebenarnya pada menit 39 striker Liverpool Roberto Firmino berhasil menjebol gawang Wuilker Farinez, tapi ia terlihat lebih dulu melanggar Mikel Villanueva. Dengan segera, tanpa bantuan VAR, wasit menganulirnya. Skor tetap 0-0.

Menit 60 adalah insiden pertama yang melibatkan VAR saat satu serangan dilepaskan oleh Gabriel Jesus dari sudut kotak penalti dan menerpa Yordan Osorio sebelum jatuh ke depan lari Roberto Firmino. Pemain Liverpool itu menahan bola sejenak sebelum mengoper ke tengah kotak enam meter dan disambar oleh Jesus.

Wasit Julio Bascunan dari Chile kemudian menoleh ke layar VAR dan menonton dalam waktu yang lama dan lama. Ia keluar dengan keputusan gol tadi tidak sah! Firmino dalam posisi offside sewaktu menerima bola muntah.

Drama masih berlanjut setelah VAR kembali memainkan peranan dalam pembatalan gol ketiga Brasil selang empat atau lima menit jelang usai. Gremio berlari secara kilat ke depan, mengoper ke Everton, yang meneruskan ke Philippe Coutinho. Sang striker Barcelona menerjang bola tapi berhasil diamankan oleh kiper Farinez. Wasit sekali lagi melihat layar VAR dan menganulirnya untuk kali ketiga gol tuan rumah malam ini. TIga gol Brasil dibatalkan wasit dalam satu malam! Luar biasa. Harus dijaga jangan sampai wasit Julio Bascunan dari Chile itu ditembak orang seusai pertandingan ini.

Dengan hasil ini maka Brasil dan Peru sama-sama mengisi posisi puncak Grup A Copa America dengan poin 4, dengan Selecao sedikit lebih unggul dalam selisih gol dibandingkan Peru yang beberapa jam lalu menang 3-1 atas Bolivia.

Susunan Pemain Brasil vs Venezuela

BRASIL XI (4-2-3-1): Alisson; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Filipe Luis; Casemiro, Arthur; Richarlison, Philippe Coutinho, David Neres; Roberto Firmino.

VENEZUELA XI (4-1-4-1): Wuilker Farinez; Roberto Rosales, Yordan Osorio, Mikel Villanueva, Ronald Hernandez; Junior Moreno; Darwin Machis, Yangel Herrera, Tomas Rincon, Jhon Murillo; Salomon Rondon.