Timnas Belanda Bangga Meski Dikalahkan Portugal

Timnas Belanda Bangga Meski Dikalahkan Portugal

Gilabola.com – Timnas Belanda tetap bangga meski dikalahkan Portugal di UEFA Nations League. Ronald Koeman melihat musim mereka luar biasa.

Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, pilih merayakan musim mereka yang fantastis meskipun kalah lawan Portugal di final UEFA Nations League. Ia mengatakan jika kekalahan 1-0 terhadap tuan rumah di Estadio do Dragao tidak seberapa jika dibandingkan kemajuan yang sudah dibuat oleh skuad di musim kebangkitan mereka kembali.

“Untuk bisa bermain di final, bahkan jika Anda tidak menang sekalipun, Anda sudah mengambil pengalaman itu dengan baik untuk kesempatan menang di peluang musim berikutnya,” ujar Koeman melalui FOX Sports.

“Kami tahu kalau kami telah membuat langkah besar sepanjang tahun, di musim UEFA Nations League, melawan Timnas Jerman yang kuar, melawan Timnas Perancis yang tak kalah hebatnya, melawan Timnas Inggris, melawan Timnas Portugal… mungkin empat dari lima atau enam tim terkuat di Eropa saat ini! Jadi tetap saja perjalanan kami sangat positif.”

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Koeman, yang mengambil alih skuad tahun lalu, telah merubah tim nasional setelah gagal lolos kualifikasi untuk dua turnamen besar terakhir — Piala Dunia 2018 dan Kejuaraan Eropa 2016. “Saya sangat bangga dengan semangat tim ini, meski tidak cukup malam ini, tetapi secara keseluruhan kampanye benar-benar sangat positif.”

Timnas Belanda tetap optimis tatap masa depan

Koeman mengatakan mungkin tim masih perlu beberapa waktu lagi sebelum dapat mengambil langkah berikutnya dan menjadi juara. Belanda sendiri belum memenangkan trofi kompetitif sejak Kejuaraan Eropa 1988, ketika Koeman masih bermain untuk tim nasional.

“Mungkin sekarang ini masih terlalu dini untuk menang ya,” lanjut Koeman. “Mungkin kita perlu menunggu Euro berikutnya, mungkin kita akan mendapatkan kesempatan lain untuk memenangkan sesuatu. Tapi, saya pikir hal itu mungkin sedikit terlalu negatif tentang kinerja tim ini, dari pemain saat ini, dan kualitas pemain saat ini.”

Senada dengan pelatihnya, para pemain Belanda juga menunjukkan optimisme yang besar. “Kami akan menggunakan pengalaman ini menuju tahun depan ketika kami berharap untuk memenuhi syarat untuk Euro 2020 dan kami berharap untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi di sana,” kata gelandang muda Belanda, Frenkie de Jong.

Bek Virgil Van Dijk juga mengatakan jika skuad perlu dipuji untuk kampanye musim ini. “Kami telah membuat banyak kemajuan kok. Kita harus sangat bangga pada diri kita sendiri. Sekarang kekecewaan hanya ada di kepala kita, tetapi kita harus tetap melangkah dengan kepala tegak. Kami sudah melalui musim yang baik.”