Timnas Indonesia U-22 Coret Kiper Borneo FC Nadeo Argawinata

Timnas Indonesia U-22 Coret Kiper Borneo FC Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata batal membela Timnas Indonesia di Piala AFF U-22/2019 yang digelar di Kamboja. Pelatih Indra Sjafri putuskan untuk mencoret kiper Pusamania Borneo FC tersebut jelang keberangkatan timnya ke ajang tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, ungkapkan alasannya mencoret Nadeo Argawinata – hanya beberapa jam sebelum mereka berangkat ke Kamboja, Jumat (15/2) ini.

Nadeo Argawinata diputuskan untuk tak masuk dalam daftar 23 pemain yang akan memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF U-22/2019, karena pemain 21 tahun itu belum kantongi pengalaman di sepakbola Internasional.

Nadeo tercatat sangat jarang membela Indonsia di banyak turnamen dalam kurun waktu dua tahun belakangan ini. Sementara skuad Indra Sjafri saat ini telah diperkuat tiga nama kiper yang lain, yaitu Awan Setho, Muhammad Riyandi dan Satria Tama, yang sama-sama sudah kantongi jam terbang bersama timnas.

Kiper Lain Sarat Pengalaman Internasional

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Salah satu kiper Timnas Indonesia U-22, Awan Setho, bahkan pernah ditunjuk sebagai penjaga gawang Timnas U-23 saat berlangsungnya Asian Games 2018. Ia bahkan ikut memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 lalu.

Sama halnya dengan Satria Tama, kiper yang satu ini sebelumnya juga telah menimba pengalaman bersama Timnas U-22 di SEA Games 2017 yang digelar di Malaysia. Sedangkan Riyandi, kiper yang sebenarnya memperkuat Timnas U-19 ini, sebelumnya selalu tampil di Piala AFF U-19 dan Piala AFC U-19.

Itulah yang jadi pertimbangan Indra Sjafri untuk mencoret Nadeo Argawinata dari susunan skuadnya.¬†“Riyandi punya banyak pengalaman bersama tim nasional, itulah alasan saya,” tandas Indra.

Nadeo Tetap Berpeluang Kembali ke Timnas

Meski demikian diakui Indra, sama halnya dengan Riyandi, Nadeo pun tetap merupakan kiper masa depan Indonesia yang dipastikan akan lakoni karir gemilang bersama tim nasional.

Apalagi, ditegaskan Indra, walau saat ini namanya harus dicoret, tapi Nadeo masih punya peluang untuk membela Timnas Indonesia U-22. Pasalnya, setelah ajang Piala AFF bulan ini, Timnas U-22 akan berlaga di kualifikasi Piala Asia U-23/2020 di Vietnam dan SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Filipina.

Indra bahkan menegaskan, 40 pemain yang sudah dipanggilnya sebelum mereka berlaga di Piala AFF U-22, akan kembali dia panggil untuk mempersiapkan turnamen Piala AFC U-23. Untuk turnamen Piala AFF U-22 sendiri, Indonesia berada di grup yang sama dengan Malaysia, Myanmar dan tuan rumah, Kamboja, di Grup B.