Timnas Inggris Adukan Montenegro ke Uefa Terkait Pelecehan Ras

Timnas Inggris Adukan Montenegro ke Uefa Terkait Pelecehan Ras

Gilabola.com – Gareth Southgate tegaskan, Timnas Inggris akan adukan komplen pada Uefa setelah suporter Montenegro jelas-jelas lakukan pelecehan ras terhadap Danny Rose di Podgorica Stadium, Selasa (26/3) dinihari tadi.

Dalam laga tersebut, Timnas Inggris tampil menawan di laga kedua Kualifikasi Piala Eropa 2020 yang digelar di kandang Timnas Montenegro. Sayangnya, kemenangan telak 5-1 skuad Gareth Southgate dikotori dengan nyanyian-nyanyian berbau pelecehan ras yang dilakukan suporter tuan rumah.

Hanya 72 jam setelah meraih kemenangan besar 5-0 di pertandingan pertama Kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Republik Ceko, Timnas Inggris lanjutkan sukses mereka di Grup A dengan permalukan Timnas Montenegro 5-1 di Podgorica – tempat yang sebelumnya dikenal sebagai lokasi pertandingan yang tak menyenangkan.

Tuan rumah Montenegro sebenarnya unggul lebih dulu, saat Marko Vesovic berhasil menjebol gawang Jordan Pickford di menit 17. Namun, Michael Keane berhasil samakan kedudukan tepat di menit 30.

Rose Dilecehkan Usai Dikartu Kuning di Akhir Laga

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Lalu, Ross Barkley bukukan dua golnya di menit 37 dan 59, untuk membawa Inggris unggul 3-1 di awal babak kedua. Berikutnya, Harry Keane dan Raheem Sterling membuat The Three Lions kalahkan tuan rumah dengan skor mantap di Gradski Stadium.

Namun, jelang akhir pertandingan, fans Montenegro yang memenuhi stadion itu lakukan gerakan dan perdengarkan suara yang mirip suara monyet yang ditujukan pada Danny Rose yang bermain sebagai starter.

Saat ditanya apakah ia mendengar nyanyian yang berbau pelecehan ras dalam laga itu, Southgate membenarkannya.”Saya sangat mendengar pelecehan ras yang dilakukan suporter di sini, waktu Danny Rose mendapat kartu kuning di akhir pertandingan. Saya tidak akan ragu tentang kejadian itu. Kami akan laporkan mereka secara resmi kepada Uefa, cara mereka tidak bisa diterima,” tegas Southgate kepada ITV usai pertandingan.

Timnas Inggris Selalu Dukung Para Pemainnya

Menurutnya, pelecehan ras sangat jelas dialami Rose. Bukan tak mungkin hal itu juga dialami pemainnya yang lain. Namun, Southgate mengaku tak yakin apakah Raheem Sterling alami pelecehan sama.

“Saya tak yakin (apakah dia juga alami pelecehan ras). Saya langsung berdiskusi dengan Danny, karena saya dengar apa yang terjadi padanya ketika itu. Tapi saya belum bicara pada Raheem. Tapi, apapun.. Kami akan laporkan perlakuan mereka pada Uefa terhadap pemain kami,” tambahnya.

“Saya tidak mau berspekulasi, tapi saya tahu apa yang saya dengar. Seperti yang saya bilang, kami akan beri respon atas perilaku mereka dengan cara yang benar, dan kami akan pastikan kami dukung pemain kami,” tegas Southgate.