Timnas Israel Diperkuat 4 Pemain Keturunan Arab Saat Mereka Dihabisi Denmark 0-2 Tadi Malam

Gila Bola – Lihat foto di atas. Hatem Elhamed adalah pemain Celtic sampai dengan Februari 2021 saat tim Skotlandia itu melepasnya ke Be’er Sheva. Ia termasuk satu dari empat pemain keturunan Arab yang membela timnas Israel dalam laga melawan Denmark, Jumat 26 Maret 2021.

Hatem Elhamed merupakan satu dari empat pemain etnis Arab yang dipanggil masuk untuk memperkuat skuad timnas Israel dalam laga-laga kualifikasi Piala Dunia. Sudah lebih dari 50 tahun lamanya tim berjuluk Biru-Putih itu gagal ikut serta dalam putaran final Piala Dunia. Tiga pemain lainnya adalah Joel Abu Hanna, Mohammad Abu Fani dan Mohamad Knaan.

Pertandingan Israel vs Denmark di Bloomfield Stadium di Tel Aviv pada Jumat dinihari itu usai dengan skor 0-2. Martin Braithwaite mencetak gol pertama menit 12 usai menerima bola sundulan Jonas Wind untuk menggiringnya secara cepat dan mencongkel bola ke atas kiper Ofir Marciano. Pemain FC Copenhagen sang pemberi assist gol pertama itu kemudian mencetak gol kedua Denmark. Sayangnya Hatem Elhamed gagal mencegah Jonas Wind dan bahkan membiarkan pemain Denmark itu menyepak bola melewati kolong kakinya.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Mohammad Abu Fani adalah pemain Maccabi Haifa berusia 22 tahun yang menjalani dua masa peminjaman ke Hapoel Ramat Gan dan Hapoel Hadera, sementara Mohamad Knaan masih berusia 21 tahun dan belum ada fans sepak bola yang membuatkan halaman Wikipedia atas namanya. Keduanya tidak diturunkan dari bangku cadangan.

Sementara itu bek tengah Israel Joel Abu Hanna memiliki ayah seorang warga Arab-Israel beragama Kristen dan ibu seorang Jerman. Dilahirkan di Troisdorf Jerman, Joel pernah membela Die Mannschaft untuk U17 sampai U19 sebelum mengalihkan kesetiaannya ke negara kelahiran ayahnya. Dalam karir sepakbolanya pemain berusia 23 tahun ini pernah membela Bayer Leverkusen, sebelum berpindah-pindah klub untuk kemudian membela Zorya Luhansk.

Salah satu hal menonjol dari pertandingan Israel vs Denmark di Bloomfield Stadium di Tel Aviv adalah kehadiran penonton yang mengisi sekitar 50 persen kapasitas stadion. Laga ini menjadi publikasi gratis bagi kesuksesan pemerintahan Benjamin Netanyahu yang akan menghadapi pemilu dalam waktu singkat, soal keberhasilan vaksinasi yang sudah berhasil mencapai sekitar 60 persen dari 9 juta rakyatnya.

Apa yang tidak terlihat dari tayangan video tersebut adalah tribun atas Bloomfield Stadium yang rupanya dikosongkan demi memberi kesan penuh kehadiran penonton dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia ini. Pemandangan 360 derajat dari atas stadion berkapasitas 29.400 penonton dan kota Tel Aviv di sekitarnya bisa Anda lihat dari streetview Google Maps di bawah ini.