Timnas Korea Selatan RESMI Pecat Jurgen Klinsmann

Gila BolaTimnas Korea Selatan dilaporkan telah resmi memecat Jurgen Klinsmann setelah hanya 12 bulan pelatih asal Jerman itu mengasuh Taegeuk Warriors.

Pelatih berusia 64 tahun itu ditunjuk melatih Son Heung-min dan kawan-kawan pada bulan Februari tahun lalu, dan saat ini masih terikat kontrak hingga tahun 2026, karena pelatih itulah yang awalnya akan mendampingi Korea di Piala Dunia.

Namun, Timnas Korea Selatan sangat kecewa dengan hasil di Piala Asia, di mana Taegeuk Warriors hanya mampu bertarung hingga semifinal, dan itu membuat mereka harus menunggu lebih lama untuk mengangkat trofi bergengsi di benua kuning tersebut.

Di samping itu, di bawah asuhan Klinsmann, skuad Korea dilaporkan juga menjadi tidak akur. Pasalnya, beberapa hari lalu baru diberitakan bahwa telah terjadi perselisihan – bahkan disebut-sebut sebagai perkelahian, antara pemain top tim Negeri Gingseng tersebut.

Dilaporkan oleh SunSport, kapten tim Son Heung-min sampai mengalami keseleo di tulang jarinya akibat berselisih dengan rekan satu timnya, sebelum Korea Selatan secara mengejutkan dikalahkan Yordania, 2-0.

Berawal dari Makan Malam, Timnas Korea Selatan Tak Akur Lalu Kalah dari Yordania

Dari berita yang beredar, para pemain Timnas Korea yang lebih muda kerap menyantap makan malam mereka dengan terburu-buru, agar bisa bermain ping pong.

Lalu, Son – yang tak suka dengan kebiasaan ini, melarang rekan-rekannya tersebut untuk meninggalkan ruang makan lebih cepat dari yang seharusnya, karena kesempatan di ruang makan itulah yang kerap digunakan untuk mempererat hubungan antar pemain.

Sempat diberitakan anggota tim terlibat adu mulut, lalu juga dilaporkan adanya pertengkaran hebat yang membuat Son mengalami keseleo pada tulang jarinya, lalu kemudian Korea kalah dari Yordania.

Jurgen Klinsmann Awalnya PD Banget akan Bertahan Hingga Piala Dunia 2026

Menyusul kekalahan mengejutkan itu, Jurgen Klinsmann sempat menyatakan bahwa ia tak berencana untuk mundur dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Korea Selatan.

Namun Рsembilan hari kemudian, ofisial sepak bola Korea Selatan mengabarkan bahwa  Klinsmann sudah tak punya waktu untuk memperbaiki situasi dan dipecat.

“Kami telah mencapai kesepakatan bahwa Klinsmann tak bisa jalankan tugasnya sebagai pelatih tim nasional karena berbagai alasan, dan perubahan pemimpin harus segera kami lakukan,” ujar pihak Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan yang diwakili Hwangbo Kwan.

Klinsmann pernah membawa Jerman menjadi tim peringkat ketiga di Piala Dunia 2006, sementara Timnas Amerika pun lolos ke babak sistem gugur di Piala Dunia 2014 di bawah asuhannya.

Namun, sebelum melatih Timnas Korea, Klinsmann hanya 10 pekan saja mengasuh klub Bundesliga, Hertha Berlin, empat tahun lalu.

Korea Selatan memang menjadi salah satu tim favorit juara di Piala Asia, tapi hanya berhasil bukukan tiga gol sebelum akhirnya tersingkir di semifinal.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!