Timnas Rusia Bisa Berlaga di Piala Dunia 2022 Sebagai Tim Netral

Timnas Rusia Bisa Berlaga di Piala Dunia 2022 Sebagai Tim Netral

Gilabola.com – Timnas Rusia akhirnya bisa berlaga di Piala Dunia 2022, tapi sebagai tim netral.

Badan Anti-Doping Dunia (WADA) mengonfirmasikan, para pemain Rusia akan diizinkan bermain di Piala Dunia 2022 mendatang, tapi tidak sebagai ‘wakil Rusia’

Pada Senin (9/12) kemarin diberitakan, WADA melarang Rusia terlibat dalam acara-acara olahraga internasional selama empat tahun, termasuk Olimpiade Tokyo 2020 dan Olimpiade Musim Dingin di Beijing tahun 2022. Ini disebabkan karena ketidakkonsistenan pihak Rusia dalam memberikan data anti-doping dan ditemukannya manipulasi data selama penyelidikan.

Keputusan itu segera mendorong FIFA untuk mencari klarifikasi tentang bagaimana keputusan tersebut akan berdampak pada keterlibatan Rusia di Piala Dunia 2022 mendatang.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

“Jika mereka lolos (untuk Piala Dunia), sebuah tim yang mewakili Rusia tidak bisa berpartisipasi. Tapi jika ada mekanisme yang diterapkan, maka mereka dapat mengajukan permohonan untuk berpartisipasi secara netral, bukan sebagai perwakilan Rusia,” ungkap Ketua Komite Peninjauan Kepatuhan WADA, Jonathan Taylor, dalam sebuah konferensi pers, seperti dilansir AS.

Sebagai hasil dari larangan serupa untuk Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan, Komite Olimpiade Rusia mengizinkan para atletnya untuk berpartisipasi dengan mengadopsi nama Atlit Olimpiade Rusia tanpa mengibarkan bendera atau menyebutkan negara asal mereka.

Langkah serupa dapat diambil tim sepakbola Timnas Rusia untuk memungkinkan para pemain bersaing di Piala Dunia 2022 mendatang, jika mereka memenuhi syarat.

Badan Anti-Doping Rusia (RUSADA) mendapat waktu 21 hari untuk mengajukan banding untuk ditangguhkannya sanksi WADA tersebut, yang akan membuat kasus ini kemudian dirujuk ke Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS).

Negara yang Telah Dilarang Tampil di Piala Dunia

Bukan cuma Timnas Rusia yang pernah dilarang tampil di Piala Dunia. Dan, ini jelas-jelas bukan pertama kalinya suatu negara dilarang tampil di ajang empat tahunan tersebut. Afrika Selatan pernah dilarang tampil di turnamen itu pada tahun 1986 karena kebijakan apartheid negara tersebut. Larangan tersebut tetap berlaku sampai tahun 1992.

Meksiko juga pernah dilarang terlibat di tahap kualifikasi Piala Dunia 1990 sebagai akibat dari larangan tampil selama dua tahun untuk kasus penipuan usia di kejuaraan pemain muda.

Lalu, Chile diusir dari Piala Dunia 1994 setelah mereka dijatuhi larangan tampil selama 12 tahun terkait insiden yang melibatkan kiper Roberto Rojas. Saat itu, Rojas berpura-pura cedera dan melukai wajahnya sendiri dengan pisau cukur yang disembunyikannya di balik sarung tangannya selama laga kualifikasi Piala Dunia melawan Brasil.