Timnas Spanyol Resmi Ditinggal Luis Enrique

Timnas Spanyol Resmi Ditinggal Luis Enrique

Gilabola.com – Timnas Spanyol ditinggal sang pelatih, Luis Enrique, yang menyatakan mundur dari posisinya sebagai manajer La Furia Roja karena ‘alasan pribadi yang sangat serius’.

Posisi Luis Enrique selanjutnya akan diisi asistennya yang sudah lama menggantikan Enrique di sejumlah pertandingan, Robert Moreno. Ia juga sudah menjadi tangan kanan Enrique selama mengasuh di tiga klub, yakni saat di AS Roma, Celta Vigo dan Barcelona.

Sebuah konferensi pers yang berlangsung di Spanyol pada Rabu (19/6) pukul empat sore waktu setempat, atau Rabu malam WIB, secara resmi mengonfirmasikan keputusan Enrique untuk mundur sebagai pelatih Timnas Spanyol.

Presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, hadir bersama direktur olahraga, Jose Francisco Molino, membahas masa depan pelatih berusia 49 tahun itu.

Absen di Tiga Laga

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Sejauh ini, Enrique belum hadir di tengah-tengah skuadnya saat Spanyol bertanding melawan Malta, Kepulauan Faroe dan Swedia, tepatnya di tiga pertandingan terakhir skuad La Furia Roja.

Sebelum pertandingan melawan Malta, pihak federasi sudah mengonfirmasi absennya Enrique. “RFEF mengonfirmasikan, pelatih tim nasional kami, Luis Enrique Martinez, akan absen dari pertandingan malam ini karena masalah keluarga yang sangat mendesak. Kami meminta privasinya dihormati saat ini,” tegas RFEF saat itu, seperti dilansir The Sun.

Robert Moreno, Asisten Luis Enrique.

Moreno mengambil alih jabatan pelatih sementara bagi Sergio Ramos dan kawan-kawan dalam tiga pertandingan terakhir Spanyol, dengan absennya Enrique. Dalam ketiga laga tersebut, Spanyol selalu bukukan kemenangan.

Saat ini, nama mantan manajer Deportivo Alaves, Avelardo Fernandez, disebut-sebut sebagai nama lain yang akan gantikan Enrique. Namun, Moreno pula yang akan memimpin skuad Spanyol menjelang Kualifikasi Piala Eropa 2020 pada September mendatang, di mana Spanyol akan bertemu Rumania dan Timnas Kepulauan Faroe.

Dedikasikan Kemenangan untuk Enrique

Alvaro Morata sebelumnya mendedikasikan kemenangan Timnas Spanyol atas Malta untuk Enrique. Mereka menang 2-0 di laga kualifikasi Piala Eropa itu. Sementara Enrique, absen dalam pertandingan itu karena ada masalah keluarga yang sangat serius.

Sebelum laga itu diumumkan, Enrique tidak akan hadir memimpin skuad Spanyol di pinggir lapangan, hingga Moreno mengambil alih tim saat jalani laga tersebut.

Morata-lah yang mencetak kedua gol dalam kemenangan di babak kualifikasi Grup F Piala Eropa 2020 itu. Walau tidak mengesankan, penyerang Atletico Madrid itu belum pernah mencetak gol untuk negaranya sejak 2017, dan ia berikan penghormatan kepada Enrique usai pertandingan.