Timnas Swedia Dua Kali Menang 5-0 Tetapi Kebobolan 5 Gol Austria dan 3 Gol Belgia

Gila Bola – Jika ada tim aneh pada tahap kualifikasi Piala Eropa ini maka itu adalah timnas Swedia. Mereka dua kali menang dengan skor 5-0, tapi juga menelan lima gol kebobolan dari dua laga kontra Austria dan tiga gol saat melawan Belgia.

Total 11 gol sudah disarangkan anak buah Janne Andersson itu, namun pada periode yang sama mereka juga kebobolan delapan gol yang terhitung mengecewakan.

Timnas Swedia yang antara lain diperkuat oleh Anthony Elanga tersebut kini menduduki posisi ketiga di Grup F, mengoleksi enam poin saja, hasil dari dua kemenangan dan tiga kekalahan.

Siapa Sajakah Negara yang Dikalahkan Swedia 5-0?

Robin Olsen dan rekan-rekannya menang 5-0 atas Azerbaijan pada matchday kedua yang berlangsung pada 27 Maret 2023 dengan Emil Forsberg dan Anthony Elanga mencetak satu gol masing-masing.

Setelah itu Swedia masih menang satu kali lagi dengan skor 0-5, kali ini terjadi di kandang Estonia pada 9 September kemarin. Kali ini Alexander Isak dan Dejan Kulusevski masing-masing melesakkan satu gol dari lima gol negaranya.

Meskipun dua kali menang dengan skor 5-0, di pertandingan lain anak buah Andersson itu kalah 0-3 dari Belgia pada matchday pertama dan kalah lagi dua kali di tangan pasukan Ralf Rangnick dengan skor 2-0 dan 1-3.

Prospek Swedia Lolos ke JermanĀ 

Peluang sangat kecil dimiliki oleh timnas Swedia untuk lolos ke putaran final Piala Eropa 2024 di Jerman tahun depan. Ada kesenjangan 7 poin memisahkan mereka dengan dua tim teratas di Grup F, Belgia dan Austria.

Sisa tiga pertandingan di tahap kualifikasi secara teoritis bisa memberi mereka 9 poin, namun di saat yang sama mengasumsikan salah satu dari Austria dan Belgia kalah tiga kali beruntun. Apakah itu mungkin terjadi?

Swedia libur pada matchday berikut ini ketika Austria dan Belgia sama-sama hendak mengklaim posisi puncak Grup F dalam pertemuan di Ernst-Happel-Stadion di Wina.

Laga skuad Dejan Kulusevski berikutnya adalah tandang ke King Baudouin Stadium pada 16 Oktober 2023 mendatang untuk mencoba mengalahkan Romelu Lukaku dan rekan satu timnya, dalam menjaga harapan lolos ke Jerman 2024.

Setelah itu Swedia akan terbang ke Tofiq Bahramov Republican Stadium di Baku pada 16 November. Mereka mengalahkan Azerbaijan dengan skor telak 5-0 pada pertemuan pertamanya di Friends Arena di Solna dan akan mencoba mengulangi skor yang sama kali ini.

Laga terakhir kualifikasi Grup F akan terjadi pada 19 November saat mereka pulang ke rumah guna menyambut kedatangan Estonia, juga tim yang pernah mereka kalahkan 5-0.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!