Tottenham Hotspur Tundukkan Chelsea 1-0 Berkat Penalti Harry Kane

Tottenham Hotspur Tundukkan Chelsea 1-0 Berkat Penalti Harry Kane

Tottenham Hotspur unggul agregat 1-0 pada leg pertama semifinal Piala Liga lawan Chelsea, Rabu (9/1) di Wembley, hasil tendangan penalti Harry Kane pada menit 27. Sayangnya striker Inggris itu terlihat terpincang-pincang pada babak kedua.

Chelsea tampil lebih dominan, seperti biasanya, dengan filosofi menyerang khas Maurizio Sarri. Tapi justru mereka yang tertinggal lebih dulu. The Blues mencatatkan sampai 55% dominasi atas bola, dengan lima shots on target dan enam serangan off target. Bandingkan itu dengan 4 shots on target dan satu saja meleset dari Tottenham.

Gol itu sendiri berawal dari serangan individual Harry Kane pada menit 24. Masuk ke dalam kotak penalti ia dihentikan oleh kiper Kepa Arrizabalaga dan Kane terjatuh! Wasit Michael Oliver meniup peluit dan meminta pengecekan VAR (video asisten wasit) sebelum mengambil keputusan. Sekitar 2 menit dibutuhkan untuk memeriksa apakah Harry Kane dalam posisi on side saat dijatuhkan oleh kiper Chelsea.

Kartu kuning untuk Kepa! Dan tendangan penalti bagi Tottenham. Kane mengarahkannya ke sudut kiri bawah dan GOL! 1-0! Sudah menit 26. Spurs, yang memasuki semifinal Piala Liga (EFL Cup) ini untuk kali ke-15 sepanjang sejarah, sekarang memiliki keunggulan agregat satu gol jelang leg kedua di kandang Chelsea dalam dua pekan lagi.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Ini merupakan kali kesembilan kedua tim saling berhadapan di ajang Piala Liga dan untuk pertama kalinya sejak final EFL Cup tahun 2015, yang dimenangkan The Blues dengan skor 2-0 di Wembley pada waktu itu. Dari delapan pertemuan terkininya di ajang kompetisi, Spurs hanya menang dua dan kalah empat kali. Tapi mereka memenangkan dua laga liga teranyarnya.

Chelsea bukan tak punya peluang membalas. Salah satu peluang terbaiknya terjadi di akhir babak pertama saat tendangan N’Golo Kante, menghantam sisi luar tiang gawang. Demikian juga selang dua menit kemudian satu serangan dari Callum Hudson-Odoi mendesis tipis di sisi gawang. Dan pada detik-detik terakhir masa injury time 45 menit pertama satu serangan dari HUdson-Odoi kembali berhasil ditepis ke atas mistar oleh Paulo Gazzaniga. Jika melihat serangan demi serangan yang dilepaskan oleh The Blues usai gol Harry Kane tadi, sangat disayangkan bahwa mereka gagal mencetak gol.

Babak kedua diawali dengan sejumlah serangan berbahaya di kedua ujung lapangan. Salah satunya sundulan kepala dari Christensen di tiang jauh gawang Spurs pada menit 59 tapi gagal masuk. Sangat mengejutkan serangan dari jarak dekat itu gagal. Sesaat sebelumnya Kante juga gagal menjebol gawang lawan. Usaha terakhir dari Chelsea terjadi melalui Eden Hazard menit 87 dan berhasil diblokir oleh kiper Paulo Gazzaniga.

Hasil pertandingan Tottenham Hotspur vs Chelsea pada leg pertama semifinal Piala Liga akhirnya ditutup dengan skor 1-0. Dengan hasil ini skor agregat adalah 1-0 menjelang leg kedua di Stamford Bridge dua pekan lagi dari sekarang.

Susunan Pemain

TOTTENHAM : Paulo Gazzaniga; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Danny Rose; Moussa Sissoko, Harry Winks, Christian Eriksen; Dele Alli; Harry Kane (c), Son Heung-min. Cadangan: Oliver Skipp, Fernando Llorente, Ben Davies, Hugo Lloris, Juan Foyth, Kyle Walker-Peters, Erik Lamela.

CHELSEA : Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta (c), Antonio Rudiger, Andreas Christensen, Marcos Alonso; N’Golo Kante, Jorginho, Ross Barkley; Willian, Eden Hazard, Callum Hudson-Odoi. Cadangan: Pedro, Mateo Kovacic, Willy Caballero, Olivier Giroud, David Luiz, Ethan Ampadu, Davide Zappacosta