Turki Selangkah Lagi Lolos ke Piala Eropa 2024 Setelah Kalahkan Kroasia

Gila Bola – Situasi di Grup D kualifikasi Piala Eropa berubah drastis setelah Turki menang di Kroasia dan Armenia kalah di Latvia. Empat tim masih bisa lolos, tetapi skuad Hakan Çalhanoğlu berdiri paling depan dalam antrian ke Jerman.

Beberapa jam sebelum kick-off Kroasia vs Turki dilakukan di Opus Arena, Osijek pada Jumat dinihari (13/10), Armenia yang sebenarnya wajib menang malah kalah 2-0 melawan Latvia, tim paling bawah grup, yang sebelum ini selalu gagal menang dalam lima laganya.

Dengan Armenia tidak lagi mengancam, Luka Modric dan rekan-rekannya sepertinya lengah dan membiarkan penyerang Galatasaray Baris Yilmaz menjebol gawang mereka.

Situasi Pertandingan: Turki Kalah Dominasi Bola, Tapi Lebih Agresif

Tim arahan Vincenzo Montella itu sebenarnya kalah dalam hal penguasaan bola pada dua babak di Osijek, tetapi lebih agresif saat mereka memiliki kesempatan.

59 banding 41 persen untuk penguasaan bola bagi keunggulan tuan rumah, namun jumlah inisiatif percobaan gol 10 banding 11 bagi keuntungan tim Bulan-Sabit.

Tim yang diasuh oleh bekas pelatih Milan, Fiorentina dan Sevilla itu melepaskan lebih banyak percobaan gol, dengan lima terarah tepat sasaran ke gawang Dominik Livakovic. Bagaimana dengan Kroasia? Hanya satu shot on target.

Turki Samakan Data Head to Head

Sebelum pertandingan tadi malam dimulai, tim papan catur lebih unggul atas tim Bulan-Sabut. Kroasia menang dua kali, imbang dua dan kalah satu kontra Turki dalam lima head to head terbaru.

Kini kekalahan skuad Zlatko Dalic menyebabkan skor enam pertemuan teranyarnya sama kuat, sama-sama memiliki dua kemenangan, dua kekalahan dan dua draw.

Posisi di klasemen Grup D berubah drastis. Pasukan Vincenzo Montella kini memimpin dengan 13 poin, disusul skuad Dalic 10 poin, Armenia dan Wales sama-sama 7 poin dan Latvia di urutan terakhir dengan jumlah nilai tiga.

Laga Selanjutnya Bagi Kroasia dan Turki

Hakan Calhanoglu dan rekan-rekannya masih memiliki dua laga grup tersisa, sedangkan Josko Gvardiol dan timnya masih punya tiga laga sisa.

Untuk matchday berikutnya, Turki akan menjamu tim paling lemah di Grup D, Latvia, sedangkan Modric dan rekan-rekannya akan tandang ke Wales.

Setelah itu Kroasia akan tandang ke Latvia sebelum menutup babak kualifikasi dengan menyambut kedatangan Armenia.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!