Turnamen Pertama dalam 23 Tahun Terakhir, Timnas Skotlandia Andalkan Pemain Muda

Gilabola.com – Timnas Skotlandia beri kepercayaan besar pada pemain muda di Euro 2020 musim panas ini, dan punya sejumlah pemain bagus di ruang ganti mereka. Siapa saja ya?

Pemain remaja Chelsea, Billy Gilmour, 19 tahun, menjadi salah satu dari tiga pemain yang belum bermain untuk tim nasional mereka dan  termasuk dalam daftar 26 pemain yang dipanggil Steve Clarke, bersama pemain Celtic David Turnbull, 21 tahun, dan bintang Rangers Nathan Patterson, 19 tahun.

Striker Southampton, Che Adams, juga dipanggil Clarke setelah ia baru bermain dalam tiga pertandingan yang dilakoni Skotlandia, sejak beralih dari Timnas Inggris. Demikian diungkapkan talkSPORT.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Lalu, Timnas Skotlandia juga memanggil bek sayap Arsenal, Kieran Tierney, ke ajang Euro 2020 ini walaupun mantan bintang Celtic itu rentan cedera.

Sayangnya, Clarke kecewa karena tak bisa memanggil striker Celtic, Leigh Griffiths, walau ia terlibat dalam pertandingan Skotlandia sebelumnya. Sementara para suporter mereka juga bereaksi dengan marah setelah gelandang serang berusia 25 tahun, Ryan Gauld, juga tak dipanggil Clarke walau ia tampil gemilang di klubnya di Portugal.

Channel Gilabola di Youtube

Bek Liverpool yang juga kapten Skotlandia, Andy Robertson, akan memimpin tim yang bakal bertarung di turnamen akbar pertama mereka, terhitung sejak tahun 1998.

Timns Skotlandia akan menjamu Timnas Republik Ceko dan Kroasia di Hampden Park, di samping tandang ke Wembley untuk hadapi Inggris.

Timnas Skotlandia untuk Euro 2020:

Kiper: Craig Gordon (Hearts), David Marshall (Derby), Jon McLaughlin (Rangers);

Bek: Liam Cooper (Leeds), Declan Gallagher (Motherwell), Grant Hanley (Norwich), Jack Hendry (Celtic), Scott McKenna (Nottingham Forest), Stephen O’Donnell (Motherwell), Nathan Patterson (Rangers), Andy Robertson (Liverpool), Greg Taylor (Celtic), Kieran Tierney (Arsenal);

Gelandang: Stuart Armstrong (Southampton), Ryan Christie (Celtic), John Fleck (Sheffield United), James Forrest (Celtic), Ryan Fraser (Newcastle United), Billy Gilmour (Chelsea), John McGinn (Aston Villa), Callum McGregor (Celtic), Scott McTominay (Manchester United), David Turnbull (Celtic);

Penyerang: Che Adams (Southampton), Lyndon Dykes (QPR), Kevin Nisbet (Hibernian).

Pemain Bintang: Andy Robertson

Robertson disebut-sebut sebagai bek kiri terbaik di Eropa, di mana ia pernah mengangkat trofi Liga Premier dan Liga Champions bersama Liverpool.

Sebagai kapten dan pemain terbaik di skuadnya, banyak yang diharapkan dari keberadaan Robertson di skuad Timnas Skotlandia musim panas ini.

Bek sayap berusia 27 tahun itu sudah berkembang menjadi salah satu dari pemain papan atas Eropa, bahkan sejak ia pindah ke Liverpool pada tahun 2017.

Walaupun musim 2020/21 bukan musim terbaiknya, kini Robertson sudah beroperasi di level tertinggi selama beberapa tahun terakhir dan pastinya akan mengejar kejayaan di ajang Euro. Kecepatan dan operan-operannya diyakini akan menimbulkan masalah bagi tim-tim lawan, termasuk Inggris.

Pemain yang Harus Diwaspadai: Lyndon Dykes

Striker Queens Park Rangers ini menikmati musim terbaiknya pada musim lalu, di mana ia sukses mencetak 12 gol untuk klub Championship itu.

Bintang yang lahir di Australia itu sebelumnya pernah membela tim-tim seperti Merrimac, Redlands United dan Surfers Paradise Apollo. Namun, sekarang, dia ingin memperkuat posisinya di level teratas.

Sejauh ini, Dykes sudah mencetak dua gol dalam 10 pertandingan yang dilakoninya untuk Timnas Skotlandia. Dykes diyakini akan menjadi pemain pilihan Clarke, bersama-sama Ryan Christie dan Che Adams.

Sang Pelatih: Steve Clarke

Steve Clarke berhasil memantapkan posisinya di Skotlandia, menyusul beberapa tahun yang mengecewakan bagi Robertson dan kawan-kawan.

Kemenangan penalti atas Serbia akhirnya berhasil membawa mereka ke turnamen Euro 2020 musim panas ini, dan hal itu harus diakui sebagai puncak dari kerja keras Clarke. Kini, ia ingin segera memulai perjuangannya dan bersaing di Kejuaraan Eropa ini.

Clarke pun memilih skuad yang tampak menarik dan bertabur para pemain yang memiliki bakat papan atas. Jika dia berhasil membawa Timnas Skotlandia kantongi hasil positif di laga melawan Inggris, maka Clarke akan masuk dalam cerita rakyat Tartan Army selamanya.

Jadwal Pertandingan

6 Juni – Luksemburg vs Skotlandia (persahabatan)

14 Juni – Skotlandia vs Republik Ceko

18 Juni – Inggris vs Skotlandia

22 Juni – Kroasia vs Skotlandia

AHABET
AHABET