Uefa Selidiki Kasus Pelecehan Ras pada Bintang Chelsea di Dynamo Kiev

Uefa Selidiki Kasus Pelecehan Ras pada Bintang Chelsea di Dynamo Kiev

Gilabola.com – Uefa tengah selidiki kasus pelecehan ras yang dialami Callum Hudson-Odoi saat ia membela Chelsea di kandang Dynamo Kiev di babak 16 besar Liga Europa, 14 Maret lalu.

Chelsea sebelumnya ajukan protes pada Uefa setelah pemain sayap andalannya, Callum Hudson-Odoi, 18 tahun, menjadi sasaran pelecehan ras yang dilakukan suporter Dynamo Kiev saat leg kedua babak 16 besar Liga Europa digelar di NSC Olimpiyskiy.

Kapten tim Cesar Azpilicueta kemudian mengadukan perlakukan para suporter itu kepada wasit. Sementara pimpinan The Blues, Bruce Buck, juga telah lakukan pembicaraan dengan delegasi Uefa.

Jika otoritas sepakbola Eropa itu menemukan ‘bukti yang cukup’ terkait insiden pelecehan ras yang menimpa Callum Hudson-Odoi, maka Uefa akan langsung ‘membuka proses disipliner’ terhadap klub Ukraina tersebut.

Dynamo Kiev Sudah Dua Kali Terkena Sanksi Pelecehan Ras

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Bahkan Uefa juga mengancam, jika mereka menemukan bukti bahwa klub bersalah terkait aksi pelecehan ras yang dilakukan para suporternya, maka klub bisa dikenai sanksi di mana sanksi paling ringannya berupa ‘penutupan sebagian kawasan stadion dari penonton’ saat mereka menggelar laga kandang.

Selain itu, Dynamo Kiev juga terancam sanksi menggelar satu pertandingan di stadion tertutup dan denda sebesar 50 ribu Euro.

Parahnya, Dynamo Kiev sebelumnya sudah dua kali dihukum terkait perilaku rasis para suporternya. Pertama, setelah pertandingan melawan Everton pada Maret 2015 dan Chelsea pada Oktober 2015.

Hudson-Odoi Juga Alami Masalah Serupa di Kandang Montenegro

Akibatnya, Dynamo terpaksa menutup sebagian dari stadion mereka setelah pertandingan Liga Europa melawan Everton. Sementara, mereka harus menggelar pertandingan yang benar-benar tertutup dari penonton, setelah pertandingan penyisihan grup Liga Champions melawan Chelsea yang berakhir imbang 0-0.

Callum Hudson-Odoi juga merupakan bagian dari Timnas Inggris, yang berhasil mengalahkan Montenegro 5-1 pada Selasa (26/3) dinihari, dan kembali menjadi sasaran pelecehan ras dari suporter lawan.