Unai Emery Sebut Mikel Arteta Cocok Latih Arsenal

Gila Bola – Unai Emery menilai Mikel Arteta dan Arsenal seperti sebuah pernikahan yang baik. Ia pun mengungkapkan meski ada kesulitan di Emirates Stadium sekarang ini, namun ada kemajuan positif.

Setelah Arsene Wenger tak menangani klub sepak bola asal London Utara, klub papan atas Liga Inggris langsung menunjuk juru taktik asal Spanyol tersebut.

Unai Emery dipercayakan melatih Arsenal lantaran dianggap pengganti yang ideal. Selain itu, di klub sebelumnya yakni Sevilla dan PSG dirinya juga berhasil mempersembahkan gelar juara bergengsi. Dengan demikian, rival Tottenham Hotspur sangat berharap agar dapat ditularkan juga ke Meriam London.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Sayang, Unai tak mampu melanjutkan tren positifnya. Sebaliknya, dia dianggap gagal walaupun berhasil membawa Arsenal melaju ke final Liga Europa 2018/2019. Alhasil, juru taktik berusia 49 tahun itu terdepak dari klub sepak bola asal London Utara pada 29 November 2019.

Dengan cepat The Gunners mendatangkan Mikel Arteta untuk menggantikan Unai Emery. Di bawah arahan eks asisten pelatih Manchester City itu kubu London Merah mampu memenangkan trofi Piala FA 2019/2020. Selain itu, menjuarai gelar Community Shield dan membawa klub Liga Inggris itu ke semifinal Liga Europa 2020/21 dan bertemu dengan Villarreal dalam dua leg.

Walaupun karier kepelatihannya kurang menyenangkan di Emirates Stadium, namun Unai menilai Arsenal telah memilih pelatih yang tepat sekarang dan seperti sebuah pernikahan yang baik.

Berbicara di situs resmi UEFA, Unai Emery menyebutkan Mikel Arteta adalah pelatih yang telah membawa Arsenal kembali memainkan sepak bola yang menarik. Dia menjelaskan juru taktik muda itu memilih bekal yang bagus.

Pasalnya, di Manchester City Arteta adalah asisten pelatih Pep Guardiola. Menurutnya, dia adalah pelatih yang dikagumi oleh para fans Arsenal. Selanjutnya, ketika aktif sebagai sepak bola pernah ditangani Arsene Wenger. Dengan begitu, Unai Emery optimis Mikel Arteta bisa menerapkan yang didapatkan dari dua pelatih hebat.

Selama berada di Arsenal, eks pelatih Valencia itu dalam 78 pertandingan memberikan 43 kemenangan.

Sementara tim asuhan Unai Emery akan bertemu di semifinal leg pertama Liga Europa kontra Arsenal, Jumat (30/4) dini hari WIB.