Unai Emery Tak Khawatir Akan Dipecat PSG

Unai Emery
Unai Emery

Gilabola.com – Pelatih Paris Saint-Germain (PSG) Unai Emery terus digoyang isu akan dipecat. Hal itu berkaitan dengan tersingkirnya klub itu dari ajang Liga Champions usai kalah dari Real Madrid dengan agregat 2-5.

Unai Emery ditunjuk menggantikan Laurent Blanc di musim panas 2016. Salah satu beban yang ditargetkan padanya adalah membawa PSG menjadi juara Liga Champions atau minimal sampai semifinal.

Dalam rangka mencapai target itu makanya PSG menghabiskan dana besar untuk memboyong Neymar dan Kylian Mbappe pada musim panas 2017 lalu.

Namun dengan kegagalan PSG lolos ke perempat final Liga Champions musim ini, kapasitas Unai Emery pun dipertanyakan. Bersamaan dengan itulah muncul rumor kalau pelatih berusia 46 tahun asal Spanyol ini akan dipecat.

Sejumlah nama pelatih, diantaranya Antonio Conte, Diego Simeone hingga Arsene Wenger kini disebut-sebut sebagai calon pelatih PSG musim depan menggantikan Emery.

Advertisement

Rumor pemecatan tersebut tampaknya ditanggapi santai oleh Unai Emery. Dia tak merasa akan dipecat karena menggangap sudah menjalankan tugasnya sesuai dengan proyek klub. Dia menilai kritik terhadap dirinya merupakan hal yang biasa dalam sepak bola.

“Setelah kami tersingkir, wajar kalau ada kritik. Hal yang paling penting adalah analisis internal, apa yang perlu dilakukan agar kami berubah dan maju,” ujar Unai Emery

“Saya memikirkan kepentingan kolektif, kepentingan klub. Masa depan bagi saya adalah besok. Kami punya target-target lain, untuk mempersiapkan diri kami dengan baik.”

“Saya tak mengkhawatirkan soal masa depan saya sendiri. Saya tak khawatir soal tim: bagaimana Anda bisa mendapatkan performa dan lebih siap untuk masa depan? Proyek ini adalah proyeknya PSG, saya yakin kepada proyek ini. Orang-orang yang menjadi bagian dari proyek ini bisa berubah.

“Tapi, hari ini saya bekerja seolah-olah saya akan tetap di sini sepanjang hidup saya,” katanya.

Meski gagal di Liga Champions, PSG masih punya peluang untuk meraih treble domestik pada musim ini. Mereka tengah memuncaki klasemen Liga Prancis serta lolos ke final Piala Liga Prancis dan semifinal Piala Prancis.