Ungguli Man City di FA Cup, Dalam 81 Hari di Chelsea, Tuchel Sudah Kalahkan 5 Manajer Terbaik Dunia

Gila Bola – Sang anak kemarin sore yang selama ini diremehkan, Thomas Tuchel, sudah mengalahkan lima manajer terbaik dunia dalam waktu 81 hari sejak mengambil alih posisi pelatih kepala di Chelsea. Yang terkini adalah Pep Guardiola saat Manchester City kalah 1-0 pada semi final FA Cup, Minggu dinihari 18 April 2021.

Mantan pelatih Borussia Dortmund dan Paris Saint-Germain yang dihentikan secara semena-mena dari klub Ligue 1 Perancis itu sudah pernah mengalahkan lima manajer terbaik dunia. Selain Guardiola, mereka adalah Juergen Klopp, Diego Simeone, Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti.

Lebih hebatnya lagi, sang manajer Jerman ini mengalahkan rekan-rekan seniornya itu tanpa kebobolan satu kali pun. Memperkuat lini pertahanan adalah misi utama Tuchel di Stamford Bridge, termasuk pada laga semi final Piala FA pada Minggu malam ketika mereka berhasil meredam City untuk gagal melepaskan satu pun tembakan on target sampai jelang menit-menit terakhir pertandingan di Wembley Stadium ini.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Satu-satunya gol kemenangan Chelsea terjadi saat serangan cepat dari sisi kiri lapangan berhasil dikirimkan secara akurat oleh Timo Werner ke depan lari Hakim Ziyech. Sang pemain Maroko memanfaatkan gerakan salah dari kiper Zack Steffen, yang terlanjur maju lalu kemudian mundur secara ragu-ragu melihat kecepatan lari Timo Werner, menciptakan ruang kosong di belakangnya yang dimanfaatkan secara baik oleh Ziyech.

Tuchel datang menggantikan Frank Lampard pada 26 Januari 2021. Dan sejak saat itu ia sudah berhasil menaklukkan Atletico Madrid dua kali di ajang Liga Champions, selain menang atas Liverpool, Tottenham Hotspur, Man City dan juga Everton di bawah asuhan manajer gaek Carlo Ancelotti, selain FC Porto.

Perlu dicatat pula bahwa sejak kedatangan Tuchel pada akhir Januari, sudah 14 kali Chelsea berhasil menjaga gawangnya tetap bersih. Angka 14 kali clean sheet itu merupakan angka terbaik di antara lima liga elit Eropa.