Untuk Pertama Kalinya Sejak Tahun 1992, Timnas Inggris Tanpa Pemain Liverpool atau Man Utd

Gilabola.com – Timnas Inggris lakukan perubahan besar. Untuk pertama kalinya, mereka bermain tanpa bintang  Liverpool atau Manchester United di sebuah turnamen besar saat hadapi Kroasia di Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, Minggu (13/6) malam ini.

Namun menurut OptaJoe, seperti yang dilansir The Sun, The Three Lions pernah lakukan hal serupa di Euro 1992, saat mereka memulai turnamen itu tanpa para pemain andalan The Reds maupun Setan Merah.

Saat itu, Inggris kemudian meraih hasil imbang 0-0 melawan Prancis. Kini, Gareth Southgate pun berharap keputusan nekat seperti itu yang diambilnya akan membuahkan hasil positif di laga perdana malam ini.

Advertisement

Di pertandingan pemanasan Timnas Inggris melawan Romania akhir pekan lalu, Southgate mainkan Marcus Rashford sebagai starter. Bintang Manchester United itu bahkan mencetak gol dari titik putih. Namun, hal itu tak cukup untuk membuat Rashford mengalahkan Raheem Sterling untuk menjadi starter malam ini.

Hal serupa juga dialami kapten Liverpool, Jordan Henderson, yang pekan lalu gagal mengeksekusi penalti. Malam ini, ia juga tak masuk daftar starter walau di laga melawan Romania dia bermain selama 45 menit.

Henderson juga harus berjuang memulihkan kebugarannya setelah alami cedera di laga melawan Everton di bulan Februari.

Satu hal yang paling mengejutkan adalah, Luke Shaw juga tersingkir dari starting XI Timnas Inggris melawan Kroasia malam ini. Padahal, Shaw tunjukkan penampilan keren di sepanjang musim ini, tapi Southgate memilih untuk mainkan Kieran Trippier di posisi bek kiri, walaupun secara alami Trippier merupakan bek kanan.

Dalam lineup Inggris melawan Kroasia malam ini, Southgate turunkan empat bintang Manchester City, yakni Sterling, John Stones, Kyle Walker dan Phil Foden.

Harry Maguire juga menjadi satu lagi pemain United yang menepi dari starting XI kontra Kroasia malam ini, karena ia masih harus pulihkan kondisinya akibat cedera. Hal serupa juga dialami pemain yang baru bergabung dengan United, Jadon Sancho, begitu juga bintang Chelsea, Ben Chilwell.

Laga Timnas Inggris melawan Kroasia itu sendiri, saat berita ini diturunkan, masih berlangsung. Sudah 45 menit kedua tim papan atas Eropa tersebut bertarung, namun skor masih 0-0.

Adapun susunan pemain utama Inggris malam ini adalah: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Tyrone Mings, Kieran Trippier; Kalvin Phillips, Declan Rice; Phil Foden, Mason Mount, Raheem Sterling; Harry Kane.