VAR Batalkan Penalti Cristiano Ronaldo, Malah Beri Penalti Untuk Swiss

VAR Batalkan Penalti Cristiano Ronaldo, Malah Beri Penalti Untuk Swiss

Drama VAR tadi malam batalkan sebuah peluang penalti Cristiano Ronaldo. Wasit malah berbalik memberi timnas Swiss tendangan penalti.

Video Asisten Wasit (VAR) sekali lagi menciptakan sebuah situasi drama pada laga Portugal vs Swiss di ajang UEFA Nations League tadi malam. Kejadian berawal saat Bernardo Silva disliding oleh satu pemain Swiss Fabian Schar pada awal babak kedua dan wasit Felix Brych menunjuk titik putih.

Tapi saat penalti Cristiano Ronaldo siap dieksekusi pada sekitar menit 54 itu, kapten timnas Swiss Granit Xhaka mengimbau wasit untuk melihat rekaman VAR lebih dulu.

Felix Brych setuju dan menuju pinggir lapangan, menikmati tontonan VAR selama kira-kira 30 detik sebelum ia mengambil keputusan yang menghebohkan penonton. Sang wasit Jerman membatalkan penalti Cristiano Ronaldo dan berbalik memberikan penalti untuk Swiss. Loh kenapa?

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Rupanya selang semenit sebelumnya ada adegan pemain timnas Swiss jatuh di dalam kotak penalti Selecao. Adegan itu diabaikan oleh wasit dan pertandingan UEFA Nations League dilanjutkan sampai adegan Bernardo Silva disliding di kotak penalti lawan.

Pemutaran ulang VAR di layar pinggir lapangan yang tadinya bermaksud melihat adegan Bernardo Silva malah memberi wasit Felix Brych kesempatan untuk melihat ulang tayangan semenit sebelumnya saat Steven Zuber terjatuh akibat hembusan angin dari Nelson Semedo. Lihat adegan dimaksud yang menyebabkan wasit pertandingan UEFA Nations League itu berubah pikiran.

Dan sebuah adegan aneh pun muncul di pinggir lapangan. Para pemain timnas Portugal terlihat shock, kecewa, mengangkat bahunya saat sang pengadil menunjuk sisi lain lapangan sembari membatalkan penalti Cristiano Ronaldo. Pemain pun berduyun-duyun pergi ke depan gawang timnas Portugal dan bek kiri AC Milan Ricardo Rodriguez menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Namun saat semua orang merasa laga akan usai dengan skor 1-1, Ronaldo mencetak dua gol bagi Selecao pada menit 88 dan memasuki extra time babak kedua, mengubah skor menjadi 3-1 untuk kemenangan timnas Portugal.

Dengan hasil ini maka Ronaldo dan kawan-kawan akan melaju ke final UEFA Nations League melawan pemenang dari Belanda vs Inggris yang baru akan bertanding nanti malam.