Watford vs Wolves Berebut Posisi Final Piala FA Melawan Manchester City

Semi Final Piala FA Watford vs Wolves

Gilabola.com –¬†Watford vs Wolverhampton Wanderers bertemu untuk kedelapan kalinya di Piala FA hari ini, meskipun masing-masing pertemuan sebelumnya menjadi tidak penting dibandingkan bentrokan malam ini di Stadion Wembley.

Salah satu dari pemenang laga antara Watford vs Wolves akan berhadapan di babak final Piala FA melawan Manchester City yang telah lebih dahulu mencapai babak final untuk keempat kalinya usai mengalahkan Brighton di Wembley, Sabtu kemarin.

Skuad asuhan Pep Guardiola hanya menang tipis melawan Burnley berkat sundulan Gabriel Jesus saat laga baru berjalan empat menit, memanfaatkan dari umpan silang sayap kanan Kevin de Bruyne.

Watford melaju ke babak semi final tidak sesulit Wolves, yang harus berjuang melewati Woking yang bukan klub liga, melawan Queens Park Rangers, dan tim Liga Premier terbawah Newcastle United.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Wolves telah menikmati musim yang lebih mengesankan karena ini adalah musim pertama mereka di liga utama, delapan bulan terakhir juga sangat mengesankan bagi Watford di bawah asuhan Javi Gracia.

Gracia adalah manajer Watford kesembilan yang ditunjuk selama kepemilikan keluarga Pozzo sejak 2012, menjadi yang pertama menandatangani perpanjangan kontrak dengan klub pada saat itu ketika menandatangani kontrak jangka panjang pada bulan November lalu.

Watford bersaing untuk memperebutkan satu tempat di final Piala FA untuk kedua kalinya, setelah menjadi runner-up saat melawan Everton pada 1983-84, kini Watford telah meraih poin tertinggi mereka di kancah Premier League.

Kemenangan tengah pekan mereka atas Fulham dengan skor 4-1, membuat mereka berada di urutan kedelapan di Liga Premier setelah Wolves yang dipisahkan oleh hanya satu poin dan satu gol.

Masalahnya bagi Watford adalah mereka hanya memenangkan satu dari enam pertandingan di semua kompetisi di Stadion Wembley (2-0 vs Bolton Wanderers pada Mei 1999), mengalami kekalahan di empat pertandingan terakhir mereka.

Sebaliknya, Wolves telah memenangkan enam pertandingan terakhir mereka di Wembley – hanya Arsenal dan Tottenham Hotspur (keduanya tujuh kemenangan) yang menang lebih banyak di stadion tersebut.

Itu termasuk kemenangan dalam pertandingan Liga Premier mereka melawan Tottenham pada bulan Desember, dengan mengalahkan tim Mauricio Pochettino 3-1.

Wolves telah mendapatkan reputasi mereka karena memberikan pukulan bagi tim-tim besar Liga Inggris, kemenangan 2-1 melawan Manchester United hanya dua pekan setelah mengalahkan Setan Merah di perempat Piala FA salah satunya.

Pasukan Nuno Espirito Santo telah mengambil lebih banyak poin dari tim elite daripada tim mana pun di luar grup teratas, meskipun di sisi lain mereka terlalu sering gagal melawan apa yang disebut tim yang lebih lemah, kontras!

Terkait dengan pertandingan hari ini, Wolves pernah menderita kekalahan 2-0 dari Watford di Molineux lima bulan yang lalu dalam pertemuan liga mereka musim ini.

Jadwal pertandingan liga berikutnya yang dijadwalkan 27 April – bisa jadi pertandingan playoff untuk melihat tim mana, yang akan bermain di kancah sepakbola Eropa musim depan.

Namun semua perhatian untuk saat ini ada di Piala FA, dan Wolves tentu saja punya lebih banyak sejarah dalam kompetisi ini daripada Watford. The Midlanders bermain di semifinal ke-15 mereka – meskipun ini adalah yang pertama sejak 1998 – dan mereka juga pernah mengangkat trofi Piala FA pada tahun 1960.

Pertandingan antara Watford vs Wolves hari ini akan terasa bagai final dalam banyak hal terutama bagi pendukung kedua klub.

Tim tuan rumah masih ragu pada kebugaran Roberto Pereyra dan Isaac Success untuk pertarungan akhir pekan ini, masing-masing menderita cedera pinggul dan lutut. Pereyra telah menjadi kunci keberhasilan Watford musim ini, menjadi starter di 29 laga dari 32 pertandingan Liga Premier mereka.

Wolves tidak memiliki kekhawatiran soal cedera pemain untuk pertandingan hari ini, mereka hanya perlu untuk mempertahankan reputasi mereka sebagai tim terkuat di divisi ini.

Ruben Vinagre menjadi starter saat melawan Man United pada pertengahan pekan saat Nuno sedikit merombak timnya, tetapi ia hampir pasti akan digantikan oleh Jonny, di sisi yang berlawanan dengan Matt Doherty.

Ini akan menjadi pertandingan Piala FA kedelapan antara Watford dan Wolves, Watford memenangkan hanya satu dari tujuh pertemuan sebelumnya – kemenangan 3-0 di babak kelima pada Februari 1980.

Kemenangan terbesar kedua Piala FA bagi Wolves datang saat melawan Watford pada Januari 1912 saat menang dengan skor 10-0, tapi itu hanya sejarah.

Watford hanya kalah satu dari lima pertandingan terakhir mereka melawan Wolves di semua kompetisi (W2 D2), itu saat kekalahan 0-1 di Vicarage Road pada Desember 2014 di divisi Championship.