Yaya Toure Resmi Gantung Sepatu

Yaya Toure Resmi Gantung Sepatu

Pemain yang pernah ngambek gara-gara hari ulang tahunnya terlupakan, Yaya Toure, mengumumkan pensiun dari sepakbola.

Kabar pensiunnya Yaya Toure disampaikan oleh sang agen, Dimitri Selcuk, kepada laman Sport 24. Disebutkan Selcuk, pemain berusia 35 tahun itu telah mantap untuk tidak meneruskan karirnya usai kontraknya bersama Olimpiakos diputus Desember silam.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Selcuk menyatakan jika Yaya sudah memikirkan keputusan ini pasca pertandingan terakhirnya bersama Manchester City. Tapi, pemain asal Pantai Gading itu merasa masih bisa bermain dan akhirnya berlabuh di Olimpiakos.

“Yaya telah memutuskan untuk mengakhiri karirnya. Laga perpisahan di Manchester City sebetulnya akhir karier sepakbolanya, bukan cuma di tim itu, tapi secara umum,” ujar Selcuk.

“Yaya salah satu pemain terbaik Afrika. Jadi, ia ingin pensiun di usia puncaknya. Sebetulnya ia telah lama membicarakan hal ini (pensiun). Namun, setiap pemain pasti ingin terus bermain selama mungkin,” sambungnya.

Sumbang Banyak Gelar Buat Man City

Meski pernah berseragam Barcelona, puncak performa Yaya terjadi saat membela City. Total, ia telah memberikan tujuh gelar bergengsi.

Tiga gelar Liga Liga Inggris dan satu Piala FA membuktikan peran vitalnya selama di Etihad Stadium. Tambahan dua gelar Piala Liga dan satu trofi Community Shield menjadikannya sebagai legenda Manchester City.

Total, Yaya bermain sebanyak 316 kali dan menyumbangkan 79 gol. Raihan yang cukup istimewa mengingat posisinya sebagai gelandang penyeimbang di lini tengah.

Tak Akan Lama Menganggur?

Selcuk menambahkan, Olimpiakos telah berjanji bakal memberikannya jabatan sebagai pelatih di klub asal Yunani tersebut. Kabarnya, itu merupakan paket yang ditawarkan klub usai memutus kontrak kakak kandung Kolo Toure itu.

“Saya yakin dua tahun setelah Yaya mendapatkan lisensi kepelatihan pro, dia akan langsung menjadi manajer salah satu klub hebat. Saat ini, dia fokus ke arah sana,” tutup Selcuk.