Andrea Pirlo Gantung Sepatu Akhir Tahun Ini

Andrea Pirlo mengaku akan tinggalkan dunia sepakbola, bersamaan dengan berakhirnya masa kontrak pemain 38 tahun itu di New York City FC, Desember mendatang. Pirlo mengaku yakin, itu menjadi waktu yang tepat baginya untuk akhiri karirnya sebagai pesepakbola.

Mantan bintang AC Milan, Juventus dan Timnas Italia itu telah menangkan enam gelar juara Serie A dan dua trofi Liga Champions di tingkat klub, serta mainkan peranan penting saat Italia mengangkat trofi Piala Dunia 2006.

Namun, Pirlo hanya bermain dalam 15 dari 32 pertandingan New York City FC musim ini. Sementara ia juga sudah akan lepas dari kontraknya setelah 31 Desember nanti. Pirlo menilai, sudah tiba waktu baginya untuk akhiri karirnya sebagai pemain.

“Anda menyadari, waktunya telah tiba. Setiap hari Anda punya masalah fisik, Anda tidak bisa berlatih sesuai keinginan Anda karena Anda selalu alami banyak masalah,” ujar Pirlo kepada La Gazzetta dello Sport.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

“Di usia seperti sekarang ini, rasanya semua sudah cukup. Tidak berarti Anda bisa terus selamanya sampai usia 50 tahun. Saya akan lakukan hal lain,” tambahnya.

“Pada usia 38 tahun, tepat bagi saya untuk memberi ruang kepada para pemain muda. Saya tidak marah, tapi saya akan beri pegangan untuk rekan-rekan satu tim dan juga pelatih,” ujar Pirlo.

Advertising
Advertising

Belakangan ini mengemuka kabar, Pirlo akan bereuni dengan mantan pelatihnya, Antonio Conte, dan bekerja sebagai asisten pelatih di Chelsea. Namun, Pirlo membantahnya dan katakan, dia belum membuat keputusan apapun mengenai masa depannya.

“Saya akan melakukan sesuatu yang lain, saya akan kembali ke Italia pada Desember nanti,” tandasnya.

“Bekerja dengan Conte? Mereka mengatakan sesuatu, saya punya beberapa gagasan, tapi beri saya waktu untuk memutuskannya,” tegas Pirlo.

Pirlo yang sudah kantongi caps sebanyak 116 bersama Timnas Italia itu, awali karirnya sebagai pesepakbola profesional dari akademi sepakbola Brescia. Ia kemudian habiskan masa tiga tahun di Inter Milan, sebelum gabung dengan rival sekotanya, AC Milan, di mana Pirlo akhirnya catatkan 400 penampilan selama 10 tahun membela Rossonerri.

Pirlo kemudian lanjutkan kesuksesan karirnya bersama Juventus, dengan menangkan trofi Serie A sebanyak empat kali berturut-turut sebelum akhirnya terbang ke Amerika Serikat. Di Euro 2012, gelandang veteran itu juga berperan penting di skuad Azzurri dengan mencapai final, namun urung jadi juara setelah dikalahkan Spanyol.

Pirlo mainkan peranan penting di New York City FC musim lalu, dengan tampil dalam 33 pertandingan saat mereka mencapai perempatfinal playoff MLS sebelum perannya berkurang di musim ini.