Catatan Rekor Atalanta Menang 7-0 Semalam Bikin Takut Liga Champions

Catatan Rekor Atalanta Menang 7-0 Semalam Bikin Takut Liga Champions

Catatan rekor Atalanta saat menang 7-0 tadi malam ke gawang Torino di ajang Liga Italia bikin takut calon-calon lawannya di Liga Champions. Rekor apa?

Pasukan Gian Piero Gasperini menang dengan skor luar biasa besar 7-0 melawan tuan rumah Torino pada pertandingan pekan ke-21 Liga Italia pada Minggu (26/1) dinihari. Tapi bukan skor itu sendiri yang bikin takut calon-calon lawan di Liga Champions melainkan catatan rekor Atalanta usai pertandingan.

Pertama-tama coba perhatikan jumlah gol memasukkan yang dilesakkan Atalanta selama musim ini di Serie A. Sudah 57 gol memasukkan dan 28 kebobolan. Angka itu jauh lebih tinggi daripada yang diperoleh Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan di kompetisi Liga Italia musim ini (39 memasukkan, 19 kebobolan) atau setara dengan 18 gol lebih produktif daripada Juventus. Dari sudut ini saja sudah terlihat betapa berbahayanya La Dea.

Kedua adalah peran Josip Ilicic. Pemain asal Slovenia kelahiran Yugoslavia itu sudah mencetak lebih banyak hattrick daripada pemain Serie A mana pun sejak ia bergabung ke La Dea pada musim 2017/2018. Empat hattrick diciptakan saat menjebol gawang-gawang Hellas Verona, Sassuolo, Chievo dan terakhir tadi malam ke gawang Torino. Hebatnya lagi, dan ini yang paling menakutkan untuk calon-calon lawan Atalanta di Liga Champions, seluruh hattrick Ilicic itu terjadi saat tandang.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Ketiga, hal menakutkan lainnya rival-rival La Dea adalah kemampuan Josip Ilicic untuk mencetak gol dari jarak jauh. Pada pertandingan tadi malam di kandang Torino, menyusul satu pelanggaran handball di garis setengah lapangan, sang pemain Slovakia dengan cepat mengambil bola mati. Tidak terlihat berbahaya, bukan? Cuma tendangan bola mati dari garis setengah lapangan. Tapi Ilicic mempertontonkan sepakan yang membuat kagum seluruh dunia. Ia mencetak gol langsung ke gawang Torino.

Atalanta mengejutkan semua orang di Liga Champions musim ini setelah lolos ke babak 16 besar kompetisi elit Eropa itu sebagai tim urutan kedua di Grup C, di bawah Manchester City. Perolehan 7 poin dan selisih gol minus empat (8 memasukkan, 12 kebobolan) sudah cukup untuk mengirim mereka ke babak sistem gugur. Valencia – yang tengah dalam mood gembira karena menang 2-0 atas Barcelona tadi malam  – selaku calon lawan La Dea di babak 16 besar akan berdebar menyaksikan catatan rekor Atalanta itu.