Cristiano Ronaldo Picu Aksi Mogok Kerja Karyawan Fiat

Transfer Cristiano Ronaldo akhirnya memicu aksi mogok kerja di pabrik Fiat - perusahaan yang dimiliki presiden Juventus, Andrea Agnelli.
Berita Terkini - Transfer Cristiano Ronaldo akhirnya memicu aksi mogok kerja di pabrik Fiat - perusahaan yang dimiliki presiden Juventus, Andrea Agnelli.

Berita Terbaru – Juventus habiskan 117 juta euro untuk datangkan Cristiano Ronaldo di musim panas ini. Transfer besar-besaran itupun diikuti aksi mogok kerja para pekerja Fiat di Melfi, wilayah selatan Italia.

Juventus, Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan CNH Industrial (CNHI) semuanya dimiliki perusahaan induk Exor, yang dikendalikan keluarga Agnelli – atau tepatnya Presiden Juventus, Andrea Agnelli.

Sebelumnya telah diberitakan, pembelian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid telah membuat kesal para karyawan Fiat, hingga mereka mengancam akan lakukan mogok kerja dan menurunkan peralatan pada 15 hingga 17 Juli mendatang.

Juventus kabarnya bersedia gelontorkan dana transfer yang luar biasa senilai Rp3,7 trilyun. Sementara karyawan Fiat belum pernah naik gaji selama 10 tahun terakhir. Bahkan, kabarnya, dengan besaran dana transfer Cristiano Ronaldo tersebut, seharusnya seluruh karyawan Fiat bisa mendapat kenaikan gaji 200 euro per orang.

“Tidak bisa diterima, sementara pekerja FCA dan CNHI terus lakukan pengorbanan ekonomi yang cukup besar, perusahaan kemudian habiskan ratusan juta euro untuk membeli seorang pemain,” demikian pernyataan resmi serikat pekerja yang tergabung dalam Unione Sindicale di Base (USB).

Advertisement

“Kami diberitahu itu di saat yang sulit, bahwa kami perlu menggunakan jaring pengaman sosial, menunggu peluncuran model baru yang tidak pernah datang,” lanjut pernyataan tersebut.

“Dan, sementara para pekerja juga keluarga mereka harus mengencangkan ikat pinggang mereka lebih ketat lagi, perusahaan malah memutuskan untuk menginvestasikan banyak uang pada satu sumber daya manusia!” Ungkap USB.

“Apakah ini benar? Apakah normal bagi satu orang untuk hasilkan jutaan, sementara ribuan keluarga bahkan tidak dapat mencapai pertengahan bulan? Kami semua karyawan dari pemilik yang sama, tapi pada saat ini kesulitan sosial yang sangat besar, perbedaan dalam perawatan tidak bisa dan tidak boleh diterima,” tambah USB.

“Para pekerja Fiat telah memperkaya perusahaan, setidaknya selama tiga generasi … dan sebagai imbalannya, mereka hanya pernah menerima kehidupan yang sengsara. Perusahaan harus berinvestasi dalam model mobil yang menjamin masa depan ribuan orang daripada memperkaya satu orang saja,” tandas USB memprotes besarnya dana transfer CR7.

“Itu seharusnya menjadi tujuan, perusahaan harus memperhatikan kepentingan karyawan mereka lebih dulu. Jika tidak, itu karena mereka lebih suka dunia permainan, hiburan dan yang lainnya,” lanjut pernyataan tersebut.

Untuk itu, para karyawan yang bergabung dalam USB tersebut akan lancarkan mogok kerja di FCA Melfi pada Minggu (15/7) mulai pukul 22:00 waktu setempat hingga Selasa (17/7) pukul 06:00 pagi waktu setempat.