Gattuso Akan Ubah Formasi AC Milan

Gennaro Gattuso pelatih AC Milan, akan merombak formasi skuadnya dengan tidak lagi menggunakan tiga pemain bertahan di belakang
Gennaro Gattuso pelatih AC Milan, akan merombak formasi skuadnya dengan tidak lagi menggunakan tiga pemain bertahan di belakang

Gennaro Gattuso mengindikasikan akan mengubah formasi AC Milan dalam pertandingan melawan Bologna di Liga Italia, akhir pekan ini.

Sejak menggantikan Vincenzo Montella akhir bulan lalu, Gattuso belum bisa memberikan hasil positif bagi AC Milan. Dua pertandingan perdananya berakhir buruk. Ia bermain imbang dengan skor 2-2 melawan Benevento di Liga Italia serta kalah 2-0 dari Rijeka di ajang Liga Europa.

Gattuso berharap hasil-hasil tersebut membuat para pemain AC Milan bangkit di pertandingan selanjutnya saat mereka menjamu Bologna di San Siro pada hari Senin [11/12] pukul 02.45 WIB.

Gattuso juga mengindikasikan akan melakukan perubahan dalam sistem formasi Milan yang musim ini selalu bermain dengan 3-4-3 menjadi 4-3-3.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

“Saya mengharapkan tekad, rasa lapar dan kesadaran betapa pentingnya pertandingan ini dari para pemain,” ujar Gattuso dalam jumpa pers.

“Ada momen sulit dalam sepakbola, saya ingin bahwa itu [beberapa hasil buruk Milan] merupakan tamparan pertama di wajah. Kami tidak jatuh, namun bereaksi dengan kegigihan dan kekuatan.”

“Bologna adalah tim yang sulit dihadapi. Kami harus sangat waspada terhadap situasi bola mati dan serangan balik mereka. Kami harus mengambil inisiatif menyerang di pertandingan besok dan itu bisa membuat kami terbuka di lini belakang.”

Untuk memperbaiki lemahnya lini pertahanan Milan, Gattuso mengindikasikan akan mengubah pola tiga bek kembali menjadi empat bek. Menurutnya, tingkat kebugaran para pemain Milan belum mampu untuk memainkan tempo tinggi dengan pola permainan yang sebelumnya diterapkan oleh Montella.

“Memang benar bahwa kami sudah melakukan beberapa tes dan ada beberapa masalah dengan mekanisme pertahanan tiga pemain. Jadi kami bisa mengubah hal itu,” tambah Gattuso. “Akan membutuhkan sedikit waktu untuk hal itu dan kami harus mengubah beberapa hal.”

“Saya percaya tim ini bisa bermain dengan tiga pemain di belakang, namun itu harus terorganisir. Jika tidak maka itu akan berubah menjadi lima pemain di belakang. Bek sayap harus bermain jauh ke depan dengan sekuat tenaga. Penting untuk tidak terburu-buru mengerjakan konsep dalam latihan, karena Anda tidak bisa hanya copy paste sebuah sistem.”

“Sehubungan dengan tingkat kebugaran pemain, saya tidak ingin menyinggung siapapun dan saya mengagumi Vincenzo [Montella] beserta staffnya, namun untuk bermain dengan suatu cara tertentu maka Anda memerlukan kekuatan khusus pada kaki. Sering kali kami menemukan situasi di mana kami bertahan dengan tiga pemain melawan satu penyerang, namun kami tidak mampu mengatasinya.”