Gianluigi Buffon Tes Medis di Juventus, Kamis (4/7)

Gianluigi Buffon Tes Medis di Juventus, Kamis (4/7)

Gilabola.com – Gianluigi Buffon selangkah lagi kembali ke Juventus. Kiper veteran itu akan jalani tes medis di Turin, Kamis (4/7) waktu setempat.

Diungkapkan pakar transfer Gianluca di Marzio dalam situs resminya, Buffon hampir dipastikan akan kembali membela Juventus musim depan, setelah semusim lalu ‘mampir’ di PSG. Dia akan jalani tes medis Kamis pekan ini, untuk kemudian teken kontraknya yang baru di Bianconeri.

Sebelumnya diberitakan, Buffon telah menyetujui kontrak satu tahun untuk bergabung kembali dengan Juventus, setelah karir singkatnya di Paris. Mantan kiper Italia itu meninggalkan Si Nyonya Tua dan gabung PSG musim panas lalu, setelah ia ikut memenangkan tujuh gelar Serie A berturut-turut.

Gianluigi Buffon pindah ke klub ibukota Prancis itu dengan harapan bisa membantu mereka memenangkan gelar juara Liga Champions. Namun, walau berhasil memenangkan gelar Ligue 1 dengan meyakinkan, musim lalu juga menjadi momen yang mengecewakan bagi PSg. Pasalnya, mereka kalah di final Piala Prancis dan tersingkir di perempat final Piala Liga Prancis.

Gagal di Liga Champions

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Tapi, titik rendah penampilan kiper 41 tahun itu terjadi pada pertandingan babak 16 besar Liga Champions melawan Manchester United. Saat itu, PSG yang menang 2-0 di leg pertama yang digelar di Old Trafford, malah kalah 1-3 pada leg kedua di kandang sendiri. Saat itu, Buffon bersalah dalam terciptanya salah satu gol Setan Merah. Les Parisiens pun tumbang di babak sistem gugur pertama untuk musim ketiga berturut-turut.

PSG kemudian mengumumkan bahwa Gianluigi Buffon akan pergi setelah hanya 12 bulan di klub tersebut. Selama di Paris, Buffon harus berbagi tempat dengan kiper lainnya, Alphonse Areola, di awal kedatangannya. Kini, sebagai gantinya, raksasa Ligue 1 itu dikabarkan sedang dalam pembicaraan dengan AC Milan untuk dapatkan pengganti Buffon, Gianluigi Donnarumma.

Bakal Jadi Kiper Ke-2

Di Juventus, Buffon diperkirakan akan bermain sebagai pemain pelapis Wojciech Szczesny. Sedangkan kiper cadangan lainnya, Mattia Perin, kemungkinan akan pergi dari Turin musim panas ini.

Buffon pertama kali teken kontrak dengan Bianconeri dari Parma pada 2001 lalu, dan bertahan selama 17 tahun di klub Turin itu, di mana ia ikut memenangkan gelar Serie A dalam 11 kesempatan – meskipun dua gelar di antaranya dicabut akibat skandal Calciopoli (pengaturan skor).

Dalam empat musim terakhirnya, ia juga memenangkan gelar liga dan piala ganda, tapi kandas di dua final Liga Champions dalam kurun waktu tiga musim, yakni dari 2015 hingga 2017. Dia juga ikut dalam tim Juve yang menjadi finalis dan kalah pada 2003.