Hari Terakhir Serie A, Penalti Menit 90 Lebih 1 Detik Kirim Roma ke Liga Europa! Singkirkan Juventus!

Gila BolaPaulo Dybala menjadi pahlawan AS Roma setelah mencetak gol menit 90 lebih satu detik ke gawang Spezia yang menjamin Giallorossi bermain di Liga Europa musim depan, meskipun belum menjamin Jose Mourinho akan bertahan di Olimpico. 

Roma secara dramatis menyingkirkan Juventus yang pada jam sama, Senin dinihari (5/6) menang atas Udinese di kandang tim lawan, berkat gol tunggal Federico Chiesa. Tapi tiga poin Bianconeri hanya memberi mereka 62 poin, kalah satu dibandingan 63 poin Giallorossi.

Kelvin Amian merupakan pemain Spezia yang menjatuhkan satu pemain Roma di dalam kotak dan sebagai akibatnya ia diusir wasit untuk kartu kuning kedua dan sekaligus pemberian penalti bagi skuad Lorenzo Pellegrini dan rekan-rekannya.

Sebelumnya Nicola Zalewski membalaskan gol cepat menit kelima dari Dimitrios Nikolaou untuk menyamakan skor 1-1 pada akhir babak pertama.

Pertandingan di Olimpico ini berjalan sampai menit ke-12 injury time, namun tidak ada gol tambahan. Skor akhir 2-1 dan Roma lolos ke Liga Europa, kompetisi yang gagal mereka menangkan musim ini, kalah adu penalti oleh Sevilla di partai puncak, 1 Juni 2023 lalu.

Atalanta Temani Roma ke Liga Europa

Pada jam yang sama Atalanta menang 5-2 atas tamunya Monza dan akan menjadi wakil Serie A berikutnya di Liga Europa. Skuad Rafael Toloi dan rekan-rekannya memiliki 64 poin, menduduki urutan kelima klasemen.

Tiga dari lima gol La Dea dilesakkan oleh Teun Koopmeiners, gelandang 25 tahun Atalanta asal Belanda dalam pertandingan yang diwarnai kartu merah untuk pelatih Gian Piero Gasperini serta satu kartu merah untuk pemain Monza, Marion.

Pertandingan pekan terakhir Serie A hanya akan memastikan siapa-siapa yang lolos ke Liga Europa, serta siapa terdegradasi, dengan empat posisi teratas klasemen yang pergi ke Liga Champions sudah dipastikan diisi oleh Napoli, Lazio, Inter dan AC Milan.

Hellas Verona dan Cremonese Terdegradasi

Kekalahan Spezia menyebabkan mereka mengantongi 31 poin, namun masih merasa beruntung karena head-to-head menyebabkan mereka unggul di atas Hellas Verona yang menduduki ranking 18, posisi zona degradasi.

Sementara itu posisi 19 diduduki Cremonese dengan koleksi 27 poin, meskipun mereka menang 2-0 atas Salernitana pada hari terakhir kompetisi. Sedangkan Sampdoria sudah sejak beberapa pekan silam memastikan diri terdegradasi, dengan koleksi nilainya sudah tak cukup untuk lolos dari jebakan degradasi.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!