Juventus Bidik Tiga Pelatih Pengganti Pirlo, Salah Satunya Eks AS Roma

Gila Bola – Juventus pertimbangkan tiga pelatih pengganti Andrea Pirlo, di antaranya mantan pelatih Roma di dua periode berbeda, Luciano Spalletti.

Andrea Pirlo sebelumnya diberitakan hanya mendapat satu kesempatan untuk menyelamatkan karirnya sebagai pelatih di klub raksasa Turin tersebut.

Menyusul kekalahan memalukan dari tim degradasi, Benevento, Pirlo langsung dikabarkan segera dipecat Si Nyonya Tua, apalagi Juve pun tersingkir di babak 16 besar Liga Champions usai dikalahkan Porto.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Diungkapkan media Italia, La Repubblica, yang dilansir Daily Mail, Selasa (23/2), Bianconeri membidik pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini, Simone Inzaghi yang saat ini masih mengasuh Lazio dan Spalletti, yang saat ini berstatus bebas agen serta menjadi favorit pengganti Pirlo.

Setelah disingkirkan Porto pada awal bulan ini, kekalahan dari Benevento membuat Juventus alami pukulan keras di kompetisi domestik, setelah sembilan kali menjadi juara Serie A secara berturut-turut. Saat ini, Juve bahkan terpaut hingga 10 poin di belakang Inter Milan yang tengah merajai klasemen sementara.

Sedangkan Gasperini, 63 tahun, dilirik manajemen Juve setelah ia sukses bersama Atalanta dalam beberapa musim terakhir, terutama setelah ia berhasil membawa klub tersebut berlaga di Liga Champions. Musim lalu Gasperini membawa Atalanta hingga ke perempat-final kompetisi bergengsi tersebut, sebelum akhirnya PSG menyingkirkan mereka.

Musim ini, Gasperini berhasil membawa klubnya melaju ke babak 16 besar lewat kemenangan atas Liverpool, dalam laga fase grup yang digelar di Anfield. Sayangnya, langkah mereka terhenti setelah dikandaskan Real Madrid.

Sedangkan di Serie A musim ini, Atalanta bertengger di peringkat ke empat dan kantongi poin sama dengan Juventus yang berada satu peringkat di atasnya, 55 poin, tapi memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan.

Sementara Inzaghi, saat ini masih mengasuh Lazio yang berada di urutan ke tujuh, enam poin di belakang empat besar, meskipun mereka masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan. Lazio sudah tersingkir dari Liga Champions, di babak 16 besar, setelah dikalahkan tim juara bertahan, Bayern Munchen.

Inzaghi sudah cukup lama menjadi pelatih Lazio, yakni sejak tahun 2016, dan pernah mempersembahkan trofi Coppa Italia di tahun 2018.

Spalletti yang menjadi favorit pelatih baru Juventus, terakhir lagi mengasuh Inter dan tinggalkan Giuseppe Meazza pada akhir musim 2018/19 setelah Nerazzurri hanya mendapat tiket kualifikasi Liga Europa. Spalletti pun tersedia sebagai opsi yang lebih murah bagi Si Nyonya Tua.

La Repubblica menambahkan, saat ini Juve TAK BERENCANA untuk memecat Pirlo karena musim yang tengah berjalan. Namun, jika segala sesuatunya berjalan lebih buruk menjelang berakhirnya musim, maka Juve akan mengambil langkah tegas dan menujuk asistennya, Igo Tudor, untuk menjadi pelatih sementara hingga akhir musim ini.

Juve pun telah dijadwalkan akan bertemu Torino pada 3 April 2021, setelah jeda internasional akhir pekan ini.