Juventus vs AC Milan Tak Boleh Ditonton Wanita Tanpa Muhrimnya

Juventus vs AC Milan Tak Boleh Ditonton Wanita Tanpa Muhrimnya

Piala Super Italia antara Juventus vs AC Milan yang digelar di King Abdullah Sports City di Jeddah, Arab Saudi, dikecam aktivis hak asasi setelah panitia melarang penonton wanita datang sendirian tanpa muhrimnya.

Super Coppa Italiana, yang mempertemukan juara liga dan juara Coppa Italia, digelar di Arab Saudi. Tapi sebagai dampak dari keputusan menyelenggarakan pertandingan di tanah Arab ini adalah, panitia setempat keberatan dengan fans perempuan Italia yang datang sendirian tanpa ditemani anggota keluarga laki-laki.

Kecaman datang dari berbagai pihak. Selaku negara dengan latar belakang Katolik, politisi dan aktivis hak asasi Italia tak bisa memahami mengapa seorang wanita harus datang ditemani muhrimnya, sesuatu yang lebih lazim bisa kita pahami di Indonesia.

BACA:  Juventus Kejar Lagi Bek Manchester United, Matteo Darmian

Laura Boldrini, seorang aktivis hak-hak wanita dan mantan presiden parlemen rendah di Italia, mengatakan di Twitter: “Wanita di #SuperCoppaItaliana pergi ke stadion hanya jika ditemani oleh pria. Apakah kita sedang bercanda? Para penguasa #sepakbola bisa menjual hak pertandingan, tetapi mereka seharusnya tidak diizinkan memperdagangkan hak-hak perempuan!”

Juventus vs AC Milan Tak Akan Ditonton Mendagri Italia

Menteri Dalam Negeri Italia, Matteo Salvini, seperti dikutip oleh The Sun mengatakan: “Menyedihkan bahwa Supercup Italia dimainkan di sebuah negara Islam di mana wanita tidak bisa pergi [sendirian] ke stadion jika mereka tidak ditemani oleh pria.”

Advertisement
OLE777
OLE777

Salvini, yang merupakan seorang penggemar AC Milan, dan jarang melewatkan pertandingan klub itu, menambahkan: “Saya tidak akan nonton pertandingan ini.”

BACA:  Cristiano Ronaldo Diejek Zlatan Ibrahimovic Soal Juventus

Pertandingan yang akan berlangsung pada 17 Januari pukul 00.30 WIB ini telah dikritik oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia setelah pembunuhan figur terkenal, Jamal Khashoggi.

Sebelas orang mulai diadili kemarin di Arab Saudi atas pembunuhan jurnalis Washington Post itu, yang beberapa orang di antaranya diyakini berasal dari lingkaran dalam putra mahkota, Mohammed bin Salman.

Juventus vs AC Milan Sportswashing Kasus Jamal Khashoggi

Amnesty International mengatakan laga Super Coppa Italia semacam itu hanya membantu Arab Saudi, yang memiliki catatan hak asasi manusia yang buruk, untuk mengubah citra mereka yang ternoda. Praktek semacam ini dikenal dengan nama ‘sportswashing’.

BACA:  Juventus Segel Kontrak Aaron Ramsey, Jumat (18/1)

Mantan Menteri Olahraga Italia, Luca Lotti – yang mendukung seruan Amnesty agar Supercoppa tidak diteruskan di Arab Saudi setelah insiden pembunuhan Khashoggi – juga menanggapi soal pembatasan pada fans wanita ini.

Arab Saudi terus berada di bawah tekanan untuk memberi lebih banyak kebebasan bagi perempuan sejak MBS berkuasa pada 2017. Pada Januari 2018, misalnya, wanita diizinkan menjadi penonton di pertandingan sepak bola, meskipun mereka masih harus ditemani oleh muhrimnya dan nonton di tribun khusus untuk wanita dan keluarga.

Sebebas-bebasnya wanita mengemudikan kendaraan di Arab Saudi, tak mungkinlah melihat adegan seperti di bawah ini muncul dari King Abdullah Sports City di Jeddah. Bagaimana pendapat Anda?

Juventus vs AC Milan Tak Boleh Ditonton Wanita Tanpa Muhrimnya