Rapor Pemain Juventus 0-3 Fiorentina, Cuadrado Kartu Merah, Sandro Gol Bunuh Diri

Gilabola.com – Juventus menelan dua kabar buruk sekaligus hanya dalam waktu kurang dari 24 jam. Usai tiga poin kemenangan WO mereka atas Napoli dicabut, kini mereka harus menelan kekalahan pertama mereka di Serie A Italia musim ini.

Juara bertahan Juventus dipaksa menelan kekalahan telak 3-0 dari tamunya Fiorentina dalam laga lanjutan Liga Italia di Allianz Stadium pada Rabu (23/12) dini hari WIB, dengan tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-18.

Dusan Vlahovic membuka skor dengan cepat menit ketiga memanfaatkan umpan terobosan Franck Ribery yang berhasil membelah duet pertahanan Nyonya Tua, Matthijs de Ligt dan Leonardo Bonucci, membuat sang penyerang dengan mudah menaklukkan Wojciech Szczesny.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Di menit ke-18, Juan Cuadrado kemudian diganjar kartu merah oleh wasit karena tekel ngawur pada Gaetano Castrovilli usai kehilangan bola di dekat kotak penalti Fiorentina. Awalnya wasit Federico La Penna hanya mengganjar kartu kuning, sebelum mengganti dengan kartu merah pasca tinjauan VAR.

Kendati bermain dengan 10 pemain, Andrea Pirlo memutuskan tetap tampil menyerang dengan memasukkan Federico Bernardeschi dan Dejan Kulusevski. Sayang taktik yang gagal karena Juventus malah kebobolan dua gol lain melalui gol bunuh diri Alex Sandro dan gol mantan bek mereka, Martin Caceres.

Dengan hasil ini Juventus telah tertinggal tujuh angka dari AC Milan di puncak klasemen dan menelan kekalahan pertama mereka di Liga Italia, dan berikut rapor pemain mereka usai kekalahan telak dari Fiorentina di Allianz Stadium.

  • Wojciech Szczesny (GK) – 5,0 – harusnya bisa lebih baik pada gol pertama, melakukan beberapa penyelamatan, tapi akhirnya kalah jumlah pemain membuat gawangnya kebobolan dua gol lain di babak kedua.
  • Alex Sandro (CB) – 4,0 – sudah crossing-crossingnya buruk, Sandro juga bersalah pada dua gol terakhir Fiorentina. Dia melakukan gol bunuh diri untuk membuat Juventus tertinggal 2-0, sebelum tidak melihat pergerakan Caceres yang mencetak gol ketiga.
  • Leonardo Bonucci (CB) – 5,0 – lalai terhadap pergerakan Vlahovic yang melewatinya untuk menyambut umpan terobosan Ribery. Bonucci juga gagal memotong umpan Fiorentina yang berbuah gol bunuh diri Sandro.
  • Matthijs de Ligt (CB) – 5,5 – tak cukup cepat dalam mengejar Vlahovic yang membuka skor. Memenangkan banyak duel udara setelah itu, menyelesaikan umpan paling akurat (95).
  • Federico Chiesa (RM) – 6,0 – sangat bekerja keras untuk menghasilkan sesuatu, memenangi 4 dribel dan 4 tekel, tapi memang kesulitan menghadapi Caceres dan Milinkovic dengan hanya 10 pemain.
  • Juan Cuadrado (LM) – 3,0 – punya peluang mendekati tiga besar top assist Juventus sepanjang masa, malah berbuat konyol dengan tekel berbahaya di daerah penalti lawan, dan harusnya dibayar mahal timnya dengan kekalahan telak.
  • Weston McKennie (CM) – 6,0 – dipaksa banyak mundur karena timnya kekurangan pemain. Tidak terlalu banyak menghasilkan dampak saat menyerang dan akhirnya digantikan Kulusevski.
  • Rodrigo Bentancur (CM) – 6,5 – berjuang ekstra keras untuk membuat Juventus tetap bisa memenangi duel lini tengah meski kalah pemain. Bentancur banyak berusaha memenangkan dribel (3) dan tekel (3) dan ingin menunjukkan bahwa dia tidak gugup di tengah pressing ketat pemain La Viola.
  • Aaron Ramsey (CM) – nihil – sayang sekali harus dikorbankan untuk Danilo karena kartu merah Cuadrado dan akhirnya marah saat diganti.
  • Alvaro Morata (ST) – 5,5 – sangat tidak efektif dan beberapa kali mendapatkan kesempatan tapi membuatnya terbuang sia-sia, termasuk lama membawa bola ketika menyambut bola rebound dari serangan Ronaldo. Akhirnya digantikan Bernardeschi.
  • Cristiano Ronaldo (ST) – 7,0 – satu-satunya pemain Juventus paling menonjol dan bekerja ekstra mencari kemenangan. Ronaldo beberapa kali berusaha mencari peluangnya sendiri untuk mencetak gol. Delapan dribel, enam tembakan, hanya tidak beruntung gagal menemukan golnya.
  • Danilo – 6,0 – menggantikan Ramsey karena Juventus bermain dengan 10 pemain, sayangnya bahwa dua gol Fiorentina sebenarnya datang dari sisi kanan pertahanan timnya yang menjadi daerahnya.
  • Federico Bernardeschi – 6,0 – sulit tentu saja untuk masuk dan membuat perbedaan ketika bermain dengan 10 pemain. Berna cukup berusaha, tapi tak mudah mempengaruhi permainan.
  • Dejan Kulusevski – nihil – mungkin akan kecewa karena dirinya masuk, Juve malah kebobolan dua gol.
  • Gianluca Frabotta – nihil – hanya bermain di dua menit jelang laga bubaran.

Rapor pemain Fiorentina : Bartlomiej Dragowski (7,0); Igor Julio (6,5), German Pezzella (6,5), Nicola Milenkovic (7,0); Cristiano Biraghi (7,0), Gaetano Castrovilli (6,5), Sofyan Amrabat (6,5), Borja Valero (6,5), Martin Caceres (7,5); Franck Ribery (8,0), Dusan Vlahovic (7,5); Erick Pulgar (6,0), Cristian Kouame (nihil), Giacomo Bonaventura (nihil), Lorenzo Venuti (nihil).