Satu Laga Serie A Dihentikan Satu Menit Sebelum Kick-off

Seruan Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora agar Serie A dihentikan sementara saat wabah Covid-19 menyebar tanpa henti membuat satu laga Liga Italia dihentikan hanya selisih satu menit saja dari kick-off.

Para pemain Parma vs SPAL sudah berbaris di lorong kamar ganti Stadio Tardini, siap masuk ke lapangan sebelum laga Serie A itu kemudian dihentikan satu menit sebelum kick-off. Wasit yang memimpin pertandingan memberitahu kedua kubu soal perintah penghentian Serie A dari Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora. Para pemain kemudian kembali ke ruang ganti mereka masing-masing. Tidak jelas bagaimana nasib laga-laga Serie A lainnya Minggu malam sampai Senin (9/3) dinihari ini, termasuk Milan vs Genoa dan Juventus vs Inter.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Pada tayangan di livescores.com, jam pertandingan Parma vs SPAL yang semula dijadwalkan pukul 18.30 WIB dimundurkan berturut-turut ke 19.00, kemudian 19.15 dan kemudian 19.45 WIB. Tak jelas apakah pertandingan Liga Italia ini akan benar-benar dibatalkan atau dilanjutkan meski mundur dari jam yang seharusnya. Lihat foto di atas yang memperlihatkan wajah-wajah bingung pemain dan staf kedua tim, sesaat setelah ada pengumuman penghentikan laga Parma vs SPAL.

Updates: Otoritas Serie A akhirnya memutuskan untuk menjalankan semua pertandingan Liga Italia, setidaknya yang telah dijadwalkan hari ini, termasuk Juventus vs Inter pada Senin (9/3) dinihari. 

Pada Minggu dinihari pemerintah Italia sudah mengumumkan Milan lockdown, pengisolasian wilayah Milan dan 11 provinsi lain di sekitarnya guna menghentikan penyebaran wabah virus corona Covid-19.

Italia kini menjadi negara dengan korban jiwa terbanyak di luar China, 233 korban jiwa. Sementara Korea Selatan dan Iran yang mencatatkan jumlah korban terinfeksi lebih banyak, 7.313 dan 6.566 orang masing-masing hanya mencatatkan korban meningggal lebih sedikit, 50 dan 194 jiwa.

Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora menhatakan, “Saya mendukung pandangan Damiano Tommasi, Presiden Asosiasi Pemain Italia, dalam seruan untuk menghentikan liga sepak bola [Serie A],” Menteri Spadafora mengatakan hal itu Minggu petang ini, hanya beberapa menit sebelum Parma-SPAL dijadwalkan untuk kick-off tanpa penonton.

“Tidak masuk akal bahwa sementara kami meminta warga negara kami untuk berkorban sangat besar guna mencegah penyebaran penularan, kita malah mempertaruhkan kesehatan pemain, wasit, pelatih, dan penggemar yang pasti akan berkumpul [di sekitar stadion] untuk melihat permainan ini. Semua ini hanya untuk melindungi kepentingan yang berputar di sekitar olahraga.”

“Federasi lain telah dengan bijak memutuskan untuk menangguhkan sepakbola selama beberapa hari ke depan. Saya pikir itu adalah tugas Presiden FIGC Gabriele Gravina untuk berpikir lagi, tanpa harus menunggu terjadinya kasus pertama pemain Serie A kena infeksi, sebelum mengambil tanggung jawab yang sangat serius ini,” kata Spadafora seperti dikutip oleh football-italia.net.

“Lagipula, bahkan sebelum situasinya berubah menjadi sangat serius bagi negara ini, Lega Serie A dan Sky telah menolak untuk membiarkan ribuan orang Italia, yang dipaksa untuk tinggal di rumah mereka masing-masing, guna menonton pertandingan melalui tayangan televisi.”

AHABET
AHABET