Serie A Resmi Dihentikan, Seluruh Italia Lock Down

Perkembangan drastis terjadi Selasa (10/3) dinihari saat PM Italia mengumumkan seluruh negeri diisolasi dan Serie A dihentikan sementara, terkait wabah yang sedang berkembang di seluruh negeri.

Semua kegiatan olahraga di semua level di Italia dihentikan sementara, termasuk Serie A. Pemberhentian ini akan berlangsung setidaknya sampai tanggal 3 April dan soal dilanjutkan atau tidak, akan melihat situasi yang terjadi terkait wabah Covid-19 yang melanda Italia saat ini.

Tapi Serie A resmi dihentikan ini tidak berlaku untuk klub-klub yang terlibat dalam kompetisi internasional dengan Atalanta dijadwalkan terbang hari ini ke Valencia untuk leg kedua 16 besar Liga Champions. Demikian juga Inter dijadwalkan menjamu Getafe, dan AS Roma terbang ke Sevilla untuk 16 besar Liga Europa, hari Jumat (13/3).

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Tidak jelas definisi lock down untuk seluruh kawasan Italia ini apakah akan mencakup pertandingan Inter vs Getafe, yang akan dilangsungkan di San Siro, Milan, salah satu kawasan yang terdampak paling buruk virus Covid-19 ini. Karena jika menuruti ketentuan saat pemerintah Italia memutuskan lockdown untuk kawasan Italia, tiga hari silam, maka itu berarti tidak boleh ada pergerakan manusia masuk dan keluar kawasan itu.

Keputusan pengisolasian seluruh kawasan Italia diumumkan setelah kick-off pertandingan Liga Italia antara Sassuolo vs Brescia – dengan Mario Balotelli ikut serta sebagai salah satu starter – dimulai dan usai dengan skor 3-0 untuk kemenangan tuan rumah.

Untuk laga Sevilla vs Roma pada ajang Liga Europa hari Jumat akan dilangsungkan di balik pintu tertutup, alias tanpa kehadiran penonton sama sekali. Demikian juga pertandingan PSG vs Borussia Dortmund di ajang Liga Champions dan mungkin juga Barcelona vs Napoli pekan depan di babak 16 besar yang sama. laga Juventus vs Inter kemarin, yang usai 2-0 untuk kemenangan Bianconeri, berlangsung tanpa penonton.

Italia merupakan negeri dengan perkembangan terburuk virus corona ini setelah menderita lebih dari 9.100 kasus infeksi dan 463 kematian. Terjadi tambahan 97 kematian sepanjang 24 jam sampai hari Selasa dinihari. Sebelumnya pada periode 24 jam sampai Minggu pagi ada 233 kematian dan selama 24 jam setelahnya 133 kematian. Angka pertambahan dan kasus baru Covid-19 di Italia ini melebihi perkembangan di negeri asalnya, China.

PM Italia Giuseppe Conte dalam pengumumannya hari Selasa dinihari menyampaikan bahwa sebuah dekrit baru akan ditandatangani olehnya dan mencakup klausul bahwa setiap warga Italia berjanji akan tinggal di rumah selama masa lockdown atau karantina ini. Sepanjang sejarah, baru kali ini Italia mengalami warga dilarang bergerak bebas. Terakhir kali hal ini terjadi adalah pada masa Perang Dunia II tahun 1945.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO