Tiga Jatah Tersisa Liga Champions Diperebutkan Lima Tim: Atalanta, Juventus, Milan, Napoli, Lazio

Gila Bola – Gol menit 89 dari Cristiano Ronaldo menyelamatkan nasib Juventus, yang tadinya sudah secara pesimistis diramalkan akan menghuni zona Liga Europa. Tapi kini jatah tiga tempat tersisa untuk Liga Champions musim depan akan diperebutkan lima tim: Atalanta, Juventus, Milan, Napoli dan Lazio.

Bianconeri memulai pertandingan di Dacia Arena pada Senin dinihari 3 Mei 2021 pada posisi kelima klasemen Serie A dengan nilai 66, satu di bawah Napoli pada ranking keempat dan dua poin di atas Lazio yang mengincar posisi pasukan Andrea Pirlo itu.

Situasi bertambah buruk setelah satu assist dari Rodrigo De Paul dan tembakan sudut sempit oleh Nahuel Molina menerpa kaki Wojciech Szczesny dan menjadi gol pembuka Udinese pada menit 10.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Pendukung Bianconeri berdebar karena meski memiliki 10 peluang gol, dengan tujuh terjadi selama separuh kedua permainan, tapi hanya ada satu tembakan tepat sasaran dan tak kunjung ada gol.

Sampai terjadilah sebuah tendangan bebas dari luar kotak penalti. Cristiano Ronaldo mengambilnya dengan sepakan melengkung seperti biasanya dan Rodrigo De Paul berubah dari hero ke zero usai menggerakkan tangan kirinya terlalu jauh guna menghalangi bola. Handball! Wasit tanpa ragu menjatuhkan hukuman penalti. CR7 mengincar sudut kanan bawah gawang Simone Scuffet, mengubah skor menjadi 1-1.

Hasil imbang membayang di depan mata. Bukan hasil yang diinginkan oleh Ronaldo dan kawan-kawan. Lalu pada menit 89 laga Senin dinihari di Dacia Arena ini, datanglah crossing panjang dari Adrien Rabiot ke tiang jauh Scuffet. CR7 melompat dan secara cerdik menempatkan bola ke bagian bawah gawang. Skor 1-2!

Kemenangan ini membawa La Vecchia Signora meraih 69 poin, menduduki posisi ketiga klasemen Liga Italia di bawah Atalanta dengan poin sama tapi kalah head-to-head, serta AC Milan juga dengan 69 poin tapi skuad Pirlo unggul head-to-head.

Juventus dan Atalanta sudah dua kali bertemu musim 2020/21 ini, skor 1-1 di Turin pada 17 Desember 2020 serta skor 1-0 di Gewiss Stadium Bergamo pada 18 April 2021. Sedangkan AC Milan menderita kekalahan 1-3 pada perjumpaan pertama 7 Januari 2021 dengan laga kedua akan berlangsung 10 Mei nanti di Turin.

Dengan kemenangan 1-2 di Udinese pada Senin dinihari (3/5) maka kini ada lima tim yang berebut tiga jatah tersisa Liga Champions:

  • Atalanta 34 games, 69 poin
  • Juventus 34, 69
  • AC Milan 34, 69
  • Napoli 34, 67
  • Lazio 33, 64

Jangan tanya soal Inter, yah. Nerazzurri sudah pasti menjadi juara Serie A musim ini setelah Atalanta gagal menang di Sassuolo, yang menyebabkan terbentang selisih 13 poin di antara Inter pada urutan pertama dan La Dea ranking kedua, dengan hanya empat pertandingan tersisa dan maksimal 12 poin untuk diraih. Urutan pertama juga berarti Inter akan lolos ke Champions League musim depan, menyisakan hanya tiga lagi jatah kompetisi elit Eropa itu. Begitu ceritanya.