Torino Urutan Ketujuh Kenapa Lazio Urutan Delapan yang ke Eropa?

Torino Urutan Ketujuh Kenapa Lazio Urutan Delapan yang ke Eropa?

Torino duduk di urutan tujuh usai laga terakhir Serie A hari Minggu (26/5). Tapi kenapa Lazio di urutan delapan yang terpilih ke Eropa? Kecurangan apa lagi ini?

Tenang, jangan dikit-dikit curang. Memang benar bahwa Lazio yang duduk di urutan kedelapan klasemen Serie A setelah pada laga terakhir musim kalah 3-1 dari tuan rumah Torino hari Minggu malam.

Tapi jangan lupa bahwa beberapa hari lalu Lazio menjadi juara Coppa Italia setelah mengalahkan Atalanta dengan skor 2-0 di final. Siapa pun yang menjadi juara kompetisi piala domestik Italia ini akan melaju ke Liga Europa. Jadi, meski Torino yang menduduki urutan tujuh klasemen Serie A, satu di atas La Aquile, tapi Lazio lah yang akan jalan-jalan ke Eropa.

Bagaimana jika AS Roma kalah lebih dari dua gol pada laga terakhir musim hari Senin (27/5) dinihari melawan Parma. Apakah dengan kekalahan Giallorossi itu Torino akan jadi pergi ke Liga Europa? Sayang sekali jawabannya adalah tidak. Klasemen Liga Italia menganut sistem head-to-head, bukan produktifitas gol serta poin seperti Liga Inggris.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Dalam dua pertemuan musim ini Roma lebih unggul head-to-head atas Torino, masing-masing 3-2 pada 19 Januari dan 0-1 pada 19 Agustus tahun lalu. Jadi kalau pun sama poin pun tetap Giallorossi yang menduduki urutan enam, bahkan kalau pun kalah dari Parma beberapa jam lagi.

Jadi begitulah penjelasan mengapa Lazio yang pergi ke Liga Europa, bukan Torino. Jangan dikit-dikit menuduh curang.

Pertandingan Torino vs Lazio itu sendiri pada Minggu malam diwarnai dua gol cepat menit 51 dan 53 oleh Iago Falque dan Sasa Lukic masing-masing, sebelum ditutup oleh Lorenzo De Silvestri pada menit 80. Gol hiburan La Aquile terjadi sebelumnya pada menit 66 oleh Ciro Immobile.